5 Alasan Kita Harus Lebih Berani “Speak Up” pada Isu Penting

Akhir-akhir ini rasanya sedang patah hati pada Indonesia. Berawal dari RUU KPK, masalah pembakaran hutan, sampai yang paling urgent karena akan disahkan beberapa hari lagi: RKUHP.

Saya bukan tipe orang yang mudah bereaksi di media sosial. Terutama kalau isunya tidak terlalu penting atau hanya viral saja tanpa ada kepentingan umum yang tersentuh. Tapi pagi ini, IG story saya harus dibuka dengan informasi tentang revisi KUHP.

Iya, yang akan direvisi adalah Kitab Undang-undang Hukum Pidana. Revisinya banyak yang ngawur dan sama sekali tidak melindungi anak-anak, apalagi kaum minoritas. :(

Saya tidak akan bahas RKUHP-nya tapi justru akan bahas mengapa isu seperti ini harus lebih berani kita bicarakan. Mengapa banyak isu penting yang sebetulnya butuh disuarakan oleh lebih banyak orang.

suara speak up

Ini alasan kita harus berani speak up, baik di media sosial, chat group, maupun di lingkungan nyata seperti meja makan siang. :)

Diam tidak mengubah apa-apa

Iya saya setuju tidak tahu apa-apa dan bersikap apatis memang rasanya lebih tenang, tapi tentu ada hal-hal yang memang harus kita suarakan untuk bisa mengubah sesuatu. Apalagi jika berkaitan dengan masa depan kita dan anak-anak.

Impactnya mungkin tidak terasa, tapi minimal cobalah bersuara untuk menyampaikan informasi terlebih dahulu. Dari teman-teman kita yang membaca, mungkin akan menyampaikannya lagi pada orang lain sehingga akhirnya bisa terjadi perubahan.

Percayalah kalau kita semua adalah agen perubahan!

Orang terpapar informasi yang berbeda

Banyak orang yang beranggapan “ah nggak usahlah saya ikut bicara juga, orang lain kan sudah bicara”. Satu hal yang harus diingat, bahkan di circle yang sama, dengan list following dan followers yang persis, orang yang membaca mungkin saja berbeda.

Apalagi di circle berbeda dengan teman-teman berbeda, orang sangat bisa lho terpapar informasi berbeda. Bahkan hal yang sangat viral pun belum tentu dilihat oleh orang-orang yang sama. Jadi, coba untuk bersuara untuk isu-isu yang kita anggap penting untuk kita. Bersuara agar bisa lebih banyak orang yang mendengar.

Banyak hal yang harus disuarakan bersama

Vox populi vox dei, suara rakyat adalah suara Tuhan. Kalau rakyatnya diam gimana dong? :)))

Banyak hal yang harus disuarakan bersama, digaungkan oleh orang-orang dari latar belakang yang berbeda agar efeknya lebih luas. Karena orang juga bereaksi berbeda ketika mendapat info dari orang berbeda. Itu sebabnya kita harus ikut bersuara!

Agar bisa terwakili

Poin ini pernah saya tulis di artikel: Ini Alasan Perempuan Wajib Melek Politik.

Kalau kita bersuara, kita bisa lebih terwakili dan keterwakilan itu penting lho! Suara kita, perempuan, orangtua, harus didengar agar peraturan tidak melulu dilihat dari sudut pandang laki-laki sehingga akhirnya merendahkan bahkan tidak melindungi perempuan. :(

Membuka ruang diskusi

Yes ini tak kalah pentingnya. Dengan bersuara, kita bisa membuka ruang diskusi yang sehat. Bisa tahu lebih banyak dari sudut pandang orang lain, bisa mengerti sisi lain dari sebuah masalah.

Tapi pastikan diskusinya sehat dan membawa data yang tepat ya. Karena kalau tidak ya jadinya debat kusir yang membuang-buang waktu.

Let’s speak up!


Post Comment