Tempat Kursus Online Berbahasa Indonesia untuk Mengembangkan Diri

Setelah punya anak, cita-cita kuliah lagi seperti menguap begitu saja …

Saya realistis saja sih, kuliah lagi rasanya akan menyita banyak sekali waktu. Sementara sekarang dengan bekerja dan membagi waktu dengan keluarga saja saya kadang sudah keteteran dan 24 jam masih terasa kurang.

kursus
Tapi karena senang belajar (dan sering mendapat curhat serupa dari ibu-ibu yang ingin belajar juga), saya jadi ingin berbagi tentang platform MOOC (Massive Open Online Course) atau platform di mana orang bisa menonton video dan belajar secara online.

Di Indonesia, platform seperti ini belum populer karena orang masih menganggap belajar itu belum afdol kalau belum bertatap muka. Padahal belajar online itu efektif sekali lho dari segi waktu.

(Baca: Mau Nambah Skill? Ikutan Workshop Yuk!)

Di luar, saya pernah coba Udemy. Platform lain yang juga populer adalah Coursera, Udacity, Masterclass, atau Lynda. Nah, tapi semua kursus itu tentu berbahasa Inggris. Di mana saja kita bisa belajar online dengan kursus berbahasa Indonesia?

Mau belajar apa

maubelajarapa
Saya sukaaaa sekali platform ini karena kursusnya benar-benar dikurasi sehingga menarik. MauBelajarApa.com sudah memiliki lebih dari 100 pengajar dengan lebih dari 20ribu siswa. Harga yang ditawarkan juga beragam, tapi biasanya tak jauh beda dengan harga kursus atau workshop offline.

Kelas paling populer adalah cat air, kaligrafi, digital marketing, dan fashion. Meski demikian, mommies bisa temukan juga kelas lain seperti belajar saham, memasak, fotografi, sampai merangkai bunga. Worth to check!

IndonesiaX

indonesiax

Sedikit berbeda dengan Mau Belajar Apa, IndonesiaX mengkhususkan diri untuk pengajar dari praktisi dan akademisi yang handal di bidangnya masing-masing. jadi kita akan menemukan nama-nama besar seperti Wishnutama atau Rhenald Khasali sebagai pengajar.

Semuanya gratis lho! Tidak ada yang berbayar karena IndonesiaX bermitra dengan banyak sekali perusahaan dan universitas untuk menggelar kursus online ini.

Dicoding

dicoding
Kalau yang satu ini adalah website khusus untuk belajar coding, Ada course yang disebut Academy, lalu challenge sebagai uji kemampuan, jalin networking dan bisa mencari job juga lho di sini.

Platform ini sudah cukup dikenal dan divalidasi oleh Google, Microsoft dan LINE. Dicoding sudah punya lebih dari 2000 alumni yang bekerja di berbagai perusahaan teknologi atau justru membangun bisnis digital mereka sendiri.

Sekolah Pintar

sekolahpintar

Sekolah Pintar adalah platform untuk belajar dengan berbagai kategori dan gratis! Temanya beragam dari membangun bisnis sampai kursus menjahit online. Sekolah Pintar juga memberi quiz dan ada fitur untuk bertanya pada instruktur jika ada yang kurang paham.

Kekurangannya, kursus yang tersedia sepertinya tidak dikurasi sehingga banyak video yang bisa kita temukan juga di YouTube. Tapi ya maklum namanya juga gratis yaa. :)


Post Comment