Jangan Menyerah pada Hal Hebat Ini Setelah Jadi Ibu

Jadi ibu, dunia rasanya berubah 360 derajat. Banyak hal yang berubah dan jadi tak pernah sama lagi.

Yang saya rasakan setelah jadi ibu adalah, ternyata saya tidak siap. Saya menyiapkan segala hal untuk bayi tapi saya tidak siap dan sama sekali tidak tahu apa yang akan berubah di hidup saya.

Seandainya Saya Bisa Memberi Nasehat ke Diri Saya Sewaktu Masih Menjadi Ibu Muda - Mommies Daily

Saya hanya tahu saya tidak mau berhenti bekerja tapi ternyata hari pertama bekerja saja jadi hari yang sangat sulit sedunia. Saya ingin resign dan semua mimpi sepertinya menguap begitu saja.

Butuh waktu beberapa hari sampai saya bisa tahu kalau bayi ditinggal bekerja itu tak apa-apa. Tapi butuh waktu sampai 3 tahun sampai saya bisa menata ulang mimpi pelan-pelan.

Butuh selama itu sampai saya yakin hidup saya pribadi baik-baik saja meski saya sudah jadi ibu. Bahwa saya masih bisa jadi diri sendiri dan tidak melulu jadi orangtua.

Jadi untuk kalian yang baru jadi ibu, jangan menyerah pada hal-hal ini.

Sex life

Setelah melahirkan, hormon prolaktin memang membuat vagina jadi lebih kering dan hasrat seks pun sangat menurun. Ditambah kerepotan mengurus bayi dan bekerja, badan yang berubah bentuk, seks rasanya jadi hal terakhir yang ingin dilakukan.

Padahal, berhubungan seks dan bonding dengan suami bisa membuat teamwork menjadi orangtua lebih lancar lho! Jadi jangan menyerah!

Self-care

Mengurus diri sendiri tak lagi jadi prioritas utama padahal ibu yang waras bisa lebih waras mengurus anak. Sempatkan waktu untuk merawat diri, sesederhana rajin pakai skin care atau sheet mask karena tubuh yang sehat dan bahagia berpengaruh pada kesehatan mental juga.

Mengejar mimpi

Mengerjakan hobi, mengejar mimpi, atau karier tetap bisa dilakukan kok meski sudah punya anak. Hanya saja harus punya support system yang memang mendukung.

Ini sebabnya pilih pasangan di awal itu penting banget. Karena pasanganlah yang akan jadi support system utama untuk mengejar mimpi.

Me time

Motherhood changes our life. Tapi tak ada salahnya lho me time seperti saat belum punya anak dulu. Nonton konser, nongkrong bareng teman, atau sekadar pijat di tempat spa. Jangan menyerah untuk selalu menyempatkan diri untuk me time!

Remember that you deserve to be happy!


Post Comment