5 Topik yang Wajib Didiskusikan Bersama Anak Tentang Kebebasan Berinternet

Anak sudah punya media sosial sendiri. Kekhawatiran orangtua jadi tidak terbatas jarak.

Dulu, yang ditakutkan hanyalah anak takut diculik kalau main keluar kompleks rumah. Sekarang, tanpa keluar rumah pun bisa jadi banyak hal buruk yang terjadi pada anak-anak kita. Lewat mana lagi selain dunia maya.

instagram-anak

Internet tempat yang menyenangkan sekaligus mengerikan. Beberapa waktu lalu, Mommies Daily diundang dalam diskusi tentang membesarkan anak di era digital bersama Lucian Teo, User Education and Outreach Manager, Trust & Safety, Google APAC. Topik acaranya tentang: Apa saja sih yang harus didiskusikan bersama anak sebelum memberinya kebebasan untuk berselancar di internet?

Kita bahas satu per satu yuk!

Kesepakatan waktu dan tempat

Sepakati waktu yang tepat untuk membiarkan anak berinternet. Apakah pulang sekolah untuk mengerjakan PR? Berapa lama? Di mana? Apa boleh main game setiap hari? Berapa lama boleh main game? Apakah hanya boleh di saat weekend?

Paling aman sih semua kegiatan berinternet harus dilakukan di ruang keluarga. Tapi tergantung kesepakatan dengan anak masing-masing ya, moms!

Keamanan dan privasi

Beri tahu anak hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh di-share di media sosial. Seperti nama sekolah, alamat rumah, nama sekolah kakak/adik, alamat kantor orangtua, dan sebagainya. Pastikan anak tahu mana yang privasi mana yang boleh dibagikan untuk umum dan jelaskan padanya bahwa internet bisa jadi sangat berbahaya.

Menghargai orang di media sosial

Cyberbullying adalah sesuatu yang tidak ada 20-30 tahun lalu. Sedihnya, cyberbullying ini sulit sekali dikontrol. Itu sebabnya kita harus memastikan anak tahu bagaimana caranya menghargai orang di media sosial. Jangan sampai ia menyakiti orang lain hanya karena tidak berpikir ulang tentang kata-kata yang diucapkan.

Pun, pastikan anak selalu bercerita pada kita tentang perasaannya sehingga ia bisa berbagi kalau saja ia yang jadi korban.

(Baca: Hati Hati, Anak Jadi Korban dan Pelaku Bullying Karena Sikap Orangtua)

Aplikasi dan aturan unduh

Sepakati aturan tentang aplikasi dan unduhan. Apa ia boleh install aplikasi baru tanpa izin? Apa saja yang boleh diunduh dan diunggah ulang? Ajari ia (atau minta ia membaca) soal hak cipta agar tidak sembarangan mengunduh dan mengunggah hasil karya orang lain.

Sopan santun saat chatting dan menelepon

Bukan sekali dua kali saya melihat Twit viral tentang mahasiswa yang chat tidak sopan pada dosen. Tidak memberi salam, tidak memperkenalkan diri, dan lain sebagainya.

Sopan santun di dunia maya juga ternyata harus diajari ya. Jangan lupa beritahu anak risiko screencapture tersebar sehingga ia harus berhati-hati pada apa yang ia ucapkan saat chatting bersama siapapun.

(Baca: Anak Punya Akun Instagram? Ini 6 Cara Instagram Melindungi Pengguna Anak-anak)

Demikian 5 topik yang wajib didiskusikan bersama anak soal kebebasan berinternet. Ada yang mau menambahkan?


Post Comment