4 Tempat Donasi Pohon untuk Bumi

Polusi yang semakin mengerikan ditambah jumlah air di pulau Jawa membuat saya bertanya-tanya: Apa yang bisa kita bantu lakukan untuk bumi?

Beberapa waktu lalu saya membaca liputan tentang Pulau Jawa yang diperkirakan akan kehabisan air di tahun 2040. Dalam waktu dua puluh tahun lagi! Sekarang saja sudah banyak sekali daerah yang kekeringan dan mencari air tak semudah menyalakan keran. Mereka sampai harus masuk ke gua untuk mendapatkan air bersih.

donasi pohon sumbang pohon
Belum lagi angka polusi yang semakin tidak terkendali. Merasa bersalah rasanya karena masih nyaman sekali bermobil pribadi. Setelah membaca sana-sini, yang paling mudah untuk kita lakukan adalah pelan-pelan menjalani gaya hidup zero waste dan menanam pohon.

Bagi mommies yang punya halaman atau tanah kosong, menanam pohon mungkin bisa dilakukan sendiri. Pastikan sebisa mungkin pohonnya ditanam di tanah untuk mengikat air tanah ya! Pohon yang ditanam di pot bisa sih mengurangi polusi tapi sesungguhnya kita dikejar waktu untuk menabung kembali air tanah yang hilang.

Nah, kalau tidak punya lahan untuk ditanami, mommies bisa coba menyumbang atau donasi pohon di sini.

Tree of Heart

Tree of heart (Instagram @treeoheart) adalah aksi peduli lingkungan dengan menanam pohon di Desa Sumberoto, Kec. Donomulyo, Jawa Timur. Desa ini adalah desa yang mengalami kekeringan paling parah sehingga tiap tahunnya lebih dari 4ribu orang terkena dampak kekeringan dan masalah kesehatan akibat konsumsi air yang tidak aman.

Tree of heart menanam tiga jenis pohon, kelengkeng, tabebuya, trembesi. Mommies bisa bantu donasi sebesar Rp 150ribu untuk satu pohon yang akan dijaga dan diberi nama. Bulan ini, Tree of Heart juga akan mulai menanam pohon di Jakarta lho!

MyBabyTree WWF

WWF juga punya aksi menanam pohon di tiga tempat di Indonesia. Yaitu Rinjani (Lombok, NTT), Taman Nasional Sebangau (Kalimantan Tengah), dan Ciliwung (Puncak, Jawa Barat). Sama seperti Tree of Heart, satu pohon juga dihargai Rp 150ribu untuk penanaman dan perawatan selama 2 tahun pertama dan monitoring selama 5 tahun berikutnya.

Serunya, pohon ini diberi Geotag sehingga mommies bisa memantau pohon yang sudah ditanam lewat Google Earth.

Sustaination

Blog tentang sustainable lifestyle Sustaination yang menjual segala pernak-pernik zero waste juga menyumbangkan sebagian keuntungan mereka untuk menanam pohon. Kalau tidak ingin beli apa-apa, mommies bisa membantu memulihkan Desa Bedono dengan berdonasi sebesar minimal Rp 5ribu lewat website mereka.

Desa Bedono adalah salah satu desa yang mengalami abrasi paling parah di Kab. Demak. Dengan menyumbang lewat Sustaination, mommies bisa berdonasi menanam pohon bakau yang bisa membantu memulihkan abrasi itu.

LindungiHutan

Sustaination sebetulnya bekerja sama dengan LindungiHutan untuk donasi pohon mereka. Di website LindungHutan, mommies bisa memilih tempat untuk mendonasikan pohon sesuai keinginan. Mommies juga bisa ikut jadi donatur atau relawan pada aksi mereka.

Mahal? Rasa-rasanya kalau dibandingkan dengan makan di luar atau berbelanja baju atau sepatu yang padahal sudah kita punya, harga pohon ini tidak mahal sih menurut saya. Apalagi jika dilakukan rutin setiap bulan.

Jangan lupa juga ajak orang untuk melakukan hal yang sama! Share artikel ini ya agar orang bisa ikut menyumbang juga!


Post Comment