Begini Perbedaan Sekolah Zaman Dulu dan Sekarang

Dunia digital mengubah segalanya termasuk proses pendidikan. Apa saja yang berubah?

Saya lulus kuliah hampir 10 tahun lalu, merasa beruntung sekali karena masih mengalami pergantian era saat masih sekolah. Saya jadi mengalami, bagaimana hidup tanpa dan dengan internet saat masih menjadi siswa.

Tips Agar Anak Mampu Beradaptasi Ketika Pindah Sekolah - Mommies Daily

Apa saja perbedaan sekolah zaman dulu dan sekarang?

Sekolah tak lagi sekadar pergi ke gedung sekolah

Sekarang, sekolah banyak sekali macamnya. Bisa sekolah konvensional, homeschooling, atau bahkan unschooling. Tidak sulit menimba ilmu karena banyak sekali workshop bahkan bersertifikasi resmi yang bisa kita jalani jarak jauh via internet.

Tidak lagi pakai ensiklopedia

Siapa yang tak punya RPUL atau RPAL saat SD dulu? Saya ingat dibelikan Buku Pintar oleh ayah saya sebagai buku contekan pengetahuan umum. Mencari ibukota provinsi atau nama menteri terdahulu bisa dicari di sana. Sekarang? Google knows everything!

Fokus pada passion

Anak-anak zaman sekarang sudah lebih paham pada passion dibanding kita dulu. Banyak yang tak lagi galau menentukan jurusan kuliah karena sudah tahu persis pada hobi, passion, dan apa yang diinginkan untuk masa depan mereka.

Lebih banyak kesempatan

Volunteer, internship, banyak kesempatan terbuka lebar. Bahkan untuk siswa SMP dan SMA lho! Ya, banyak kantor yang menerima internship anak SMA untuk membantu menentukan jurusan kuliah. Kalau zaman kita dulu kan yang namanya magang justru setelah kuliah ya. Kalau ternyata salah pilih jurusan ya sudah terlambat.

Nilai dan aktivitas sekolah diakses online

Ini memudahkan orangtua untuk mengakses nilai-nilai. Dari pendaftaran, nilai, sampai pengumuman apapun sudah menggunakan teknologi seperti website sekolah atau Google Classroom.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

Post Comment