10 Nasihat Karier dari Para Ibu Perempuan Bekerja Terkenal

Terlepas apapun profesi ibu kita, mereka punya peran signifikan dalam kesuksesan anak-anaknya, berupa nasihat karier.

Mulai dari politikus terkenal, pengacara, penulis, aktris hingga ibu negara – berbagi nasihat karier dari ibu mereka masing-masing, bagaimana pelajaran berharga tentang hidup dan pekerjaan.

1. Cecile Richards, aktivis dan mantan presiden Planned Parenthood

Nasihat Karier - Mommies Daily

“Kamu tidak pernah akan tahu, kecuali mencoba Jangan pernah menolak kesempatan baru. Dan hal yang paling disesali dalm hidup, adalah peluang tidak dicoba.”

Cecile membuktikannya, setelah 12 tahun menerima nasihat ini. Kemudian dia menjadi Presiden Planne Parenthood.

2. Tracee Ellis Ross, aktris dan produser

Nasihat Karier - Mommies Daily

“Bahwa kegugupan dan kegembiraan sebenarnya adalah perasaan yang sama di tubuhmu, tetapi hanya memiliki label yang berbeda.”

Lucunya pekerjaan Tracee, melibatkan perasaan tegang dan berisiko. Jadi buat apa takut, lakukan saja. Karena perasaan-perasaan semacam tadi, adalah bagian dari diri kita juga.

3. Soledad O’Brien, jurnalis dan eksekutif produser

Nasihat Karier - Mommies Daily

“Semua orang mendapat jatah yang sama, 24 jam dalam sehari. Putuskan bagaimana anda menghabiskannya. Berhenti mengeluh, buat daftar dan rencanakan sesuatu.”

4. Eva Longoria, aktris dan produser

Nasihat Karier - Mommies Daily

“Ibuku memberiku satu nasihat yang selalu melekat padaku. Jangan lupa dari mana Anda berasal.”

5. Mary Barra, Chairwoman dan CEO General Motors

Nasihat Karier - Mommies Daily

“Tidak ada pengganti untuk kerja keras. Dan bekerja sebelum sebelum menikmati hasilnya.”

6. Stacy Brown-Philpot, CEO TaskRabbit

Nasihat Karier - Mommies Daily

“Tidak ada yang bisa mengambil pelajaran hidup dari diri kita. Dengan modal itu, kamu bisa pergi kemanapun itu, dan melakukan apapun.”

“Fokus untuk mendapatkan nilai bagus. Walau bukan menjadi anak yang populer dan mempunyai pakaian yang bagus. Tapi saya adalah anak yang cerdas.”

7. Mazie Hirono, U.S. Senator

Nasihat Karier - Mommies Daily

“Saran terbaik dari ibu yang pernah saya dapatkan, adalah berani mengambil risiko. Saya belajar dari melalui tindakannya. Ibu saya tidak rela menderita menjalani pernikahan yang mengerikan di Jepang. Lalu dia mempertaruhakan segalanya untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Hawaii. Saya terinspirasi oleh keberaniannya.”

8. Sonia Sotomayor, Associate Justice dari Mahkamah Agung A.S

Nasihat Karier - Mommies Daily

Bagi Sonia, ibunya di masa muda adalah sosok murid teladan. Sekolah tapi masih sempat bekerja. Berhasil mengikuti tes keperawatan dan lulus di semua bagian, pada percobaan pertama. Sonia dan kakaknya, tidak punya pilihan lain, selain melakukan hal yang sama dengan ibunya: berprestasi di sekolah.

Tak hanya pintar dari segi akademisi, ibu Sonia adalah orang yang dermawan. Memberi dengan sesama tanpa mengharapkan imbalan.

9. Nora Ephron, penulis skenario dan sutradara

Nasihat Karier - Mommies Daily

Nora mengisahkan, ibunya bukan seseorang yang mendramatisir keadaan. Contohnya, dia itu bukan tipe ibu-ibu drama jika anak perempuannya terlibat masalah di sekolah. Tapi tetap akan menjadi pendengar setia untuk anak-anaknya.

10. Hillary Clinton, mantan Sekretaris Negara A.S. dan kandidat presiden dari Partai Demokrat

Nasihat Karier - Mommies Daily

“Jika berada di situasi yang sulit, bertahan! Jika merasa tidak akan bisa melaluinya, cari teman bicara. Tapi anda tidak boleh gampang menyerah.”

Ibu Hillary paham, setiap pengalaman baru pasti mempunyai haling rintangnya sendiri. Tapi ibunya mengingatkan, pengalaman baru sama dengan peluang. Coba untuk melakukannya sebaik mungkin, dan berpikir bahwa peluang tersebut memang tempat yang tepat untuk diri kita.

Mana nasihat favorit mommies? kalau saya nomor 1, 2 & 3 :)

*Artikel ini diadaptasi dari: huffpost.com

*Images: huffpost.com


Post Comment