Mari Rayakan Masa Remaja Kalian, Nak!

Di hari remaja internasional ini, mama mau mengajak kalian untuk merayakan masa remaja yang kalian punya, agar ketika kalian tua nanti, kalian tidak akan menyesal saat mengenangnya :D.

Hai kalian anak-anak mama, yang sudah remaja dan pra remaja ….. pertama-tama izinkan mama mengucapkan: Selamat Hari Remaja Internasional 2019 ya! Hari perayaan yang dicetuskan oleh PBB pertama kali di tahun 1998, tahun ketika usia mama sudah memasuki periode-periode akhir masa remaja, heheheh.

Bicara tentang usia remaja, mama paham bahwa di usia-usia ini asa ingin tahu terkadang membuat kalian menjadi sok tahu :p, emosi yang campur aduk juga membuat kalian bahkan tak paham dengan diri sendiri, hormon yang berubah juga membuat kalian terkaget-kaget dengan tubuh kalian. It’s okaaay, itu semua normal.

Sebagai orang yang dulunya juga pernah melewati masa remaja, sebagai orang yang setidaknya juga paham dengan riwehnya dunia remaja (walau dunia yang kita hadapi tak terlalu sama :D), sedikit pesan mama untuk kalian …

Mari Rayakan Masa Remaja Kalian, Nak! - Mommies Daily

1. Sadari bahwa kalian sekarang hidup di dua dunia: dunia nyata dan dunia maya. Maka sebisa mungkin, jadilah manusia yang tak hanya bijak di dunia nyata, namun juga bijak di dunia maya. Jadilah manusia yang tak hanya ‘real’ di dunia nyata, namun juga real di dunia maya. Karena dunia sudah terlalu penuh dengan manusia-manusia pencipta image palsu di dunia maya yang hidupnya sungguh bertolak belakang dengan dunia nyata.

2. Jangan isi hidup kalian sebagai remaja hanya dengan belajar, belajar dan belajar di sekolah. Berikan ruang untuk diri kalian memiliki koneksi seluas-luasnya. Ambil les di luar sekolah yang tak hanya berkaitan dengan bidang mata pelajaran, tapi bidang lainnya. Seni, olahraga, memasak, teknologi dan masih banyak lagi.

3. Bersyukur karena saat ini remaja memiliki pilihan luas untuk menjadi volunteer di event-event yang keren atau di tempat-tempat yang bisa mengasah empati kalian. Ikut ambil bagian di dalamnya! Kalian akan belajar mengenal dunia dan mengenal sesama manusia.

4. Banyak perusahaan yang sekarang menerima anak magang bahkan sejak anak itu masih duduk di bangku SMP atau SMA. Isi liburan kalian dengan magang di perusahaan nak. Agar kalian paham apa rasanya bekerja keras, seperti apa belajar tanggung jawab dengan lingkup yang lebih luas dari kamar tidur dan rumah tempat kalian tinggal.

5. Datang ke pentas seni sekolah lain, datang ke acara-acara musik, lihat pameran seni, lihat pameran otomotif, tertawa di acara stand up comedy, berikan diri kalian keberanian dan isi rasa ingin tahu kalian dengan mencoba menikmati kegiatan yang bukan merupakan comfort zone kalian. Jangan batasi diri hanya menghadiri acara yang kalian suka!

6. Jatuh cinta, patah hati, jatuh cinta lagi, agar hati kalian terlatih, ahahaha. Tak ada yang salah dengan yang namanya pacaran (ini berlaku untuk anak-anak mama) selama kalian paham batasan-batasannya. Karena pacaran akan membuat kalian belajar tentang lawan jenis, pacaran akan memberikan waktu untuk kalian mengenal calon pasangan kalian jika kalian ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius kelak.

7. Miliki mimpi yang tak terbatas dan jangan biarkan siapa pun membatasi mimpi-mimpi kalian. Jadilah apa pun yang kalian inginkan. Bekerja keras untuk mencapai mimpi tersebut. Tanya ke mama dan ayah untuk membantu kalian mewujudkan mimpi-mimpi kalian tersebut. Eh, tapi jangan masukkan menikah muda sebagai salah satu impian kalian ya nak, ahahaha.

8. Dari semua kebebasan yang akan mama berikan, pergi bersama teman-teman, belajar mengendarai mobil dan motor ketika usia sudah cukup, pacaran, ikut organisasi yang positif dan lain-lain, kalian tahu bahwa narkoba tidak termasuk di dalamnya. Jangan. Pernah. Tertarik. Mencoba. Narkoba. Karena hidup kalian terlalu berharga untuk dihancurkan.

Selamat merayakan hari remaja kalian ya ….. semoga ketika kalian bertambah dewasa, dan mengingat kembali masa remaja kalian, kalian dengan bahagia bisa mengatakan bahwa masa remaja kalian dilewati dengan sangat-sangat baik!


Post Comment