Tips Keselamatan di Kolam Renang

Kolam renang sebetulnya bukan tempat yang sepenuhnya aman bagi anak-anak. Simak tips keselamatan di kolam renang.

Kolam renang berbahaya karena dua hal: Air dan area sekitarnya yang licin sehingga berbahaya bagi anak. Bagi orangtua, memahami tips keselamatan di kolam renang tentu sangat penting. Namun masih banyak yang tidak peduli dan sering mengabaikannya.

kolam-renang

Apa saja tips keselamatan di kolam renang?

Bicarakan semua kemungkinan yang terjadi

Jelaskan pada anak apa bahaya air, apa itu tenggelam dan apa yang harus dilakukan jika tenggelam. Anak perlu tahu, air itu sesuatu yang berbahaya seperti mobil. Kolam renang, sama berbahayanya dengan jalan raya yang ramai. Bilang pada anak kalau anak tidak boleh bermain di kolam renang tanpa pengawasan orang dewasa, seperti juga menyeberang jalan raya tanpa orang dewasa.

Belajar berenang harus jadi prioritas

Ini satu hal yang sangat penting karena berenang merupakan skill penting untuk menyelamatkan diri baik sedang di kolam renang maupun di pantai. Anak sudah bisa diajari renang sejak umur 3 tahun lho!

Pakai baju renang yang tepat

Jangan menggunakan baju biasa di kolam renang karena berbahaya! Pastikan baju renang melekat di badan demi keamanan.

Pastikan ada penjaga kolam

Pastikan mommies mengunjungi kolam renang dengan penjaga kolam renang berpengalaman. Kadang ketika ada masalah, kita sebagai orangtua panik lebih dulu sehingga penjaga kolam renang sebetulnya sangat urgent untuk membantu kita saat terjadi masalah.

Jangan mengabaikan anak

Jangan biarkan anak main sendirian! Banyak orangtua membiarkan anak main di kolam bersama kakak atau adiknya lalu sibuk sendiri di sisi kolam sambil main ponsel. Sebaiknya, ikutlah masuk ke dalam kolam agar bisa mengawasi anak dengan maksimal.

Pastikan kita punya nomor darurat

Simpan nomor darurat rumah sakit terdekat atau ambulans untuk berjaga-jaga jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.


Post Comment