Coba Cara Ini Agar Anak Lebih Cepat Lancar Bicara

Speech atau language delay jadi satu dari sekian kekhawatiran jadi ibu. Bagaimana agar anak lebih cepat lancar bicara?

Anak belajar hal baru satu per satu, itu sebabnya mereka mempelajarinya bergantian: Antara belajar jalan dulu atau belajar bicara dulu. Kalau seperti Xylo (kini 5 tahun), ia cepat sekali bicara lancar dan merangkai kata. Tapi ia baru bisa berjalan di usia 15 bulan.

Kesalahan Awam  yang Pernah Saya Lakukan Sebagai Ibu Baru Saat Anak Sakit - Mommies Daily

Penyebab keterlambatan bicara bisa bermacam-macam. Menurut dr. Chatarine Mayung Sambo, Sp. A (K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang dan Pediatri Sosial dari Rumah Sakit Pondok Indah – Pondok Indah, penyebab terlambat bicara bisa karena keterlambatan perkembangan bicara dan bahasa, baik yang secara umum maupun dalam penerimaan atau ekspresinya. Bisa juga disebabkan gangguan pendengaran, masalah pada struktur seputar organ pembentuk suara, gangguan perilaku seperti autisme.

Yang harus digarisbawahi, ada juga faktor lingkungan atau psikososial yang menyebabkan anak terlambat bisa bicara.

“Masalah pengasuhan dan stres psikososial berat seperti perlakuan salah (abuse) dan penelantaran juga dapat meningkatkan risiko terlambat bicara pada anak. Hal yang perlu disampaikan kepada orangtua adalah seringkali keterlambatan bicara menjadi suatu tanda dari masalah fungsi atau perkembangan lain yang tidak berdiri sendiri, sehingga perlu segera dikonsultasikan ke dokter spesialis anak untuk
diperiksa lebih lanjut,” papar dr. Chatarine.

Lalu bagaimana agar anak lebih cepat lancar bicara?

– Bicara terus dengan bayi dengan suara yang jelas. Jangan merasa bayi tidak mengerti karena ia menyerap kata-kata yang kita ucapkan. Lagipula, bayi senang diajak bicara karena perhatian kita akan 100% padanya.

– Bicaralah kapanpun! Saat sedang mandi, mengganti popok, menyuapi. Saya saja senang mengajak Xylo bicara dan bertanya apa yang ia lakukan di daycare hari itu meski usianya baru 4 bulan waktu itu. :)

– Lihat reaksi bayi. Ketika ia senang, berarti ia menikmati percakapan itu.

– Bacakan buku. Jangan tunda membaca hanya karena menganggap ia tak mengerti. Membacakannya buku dengan foto (bukan gambar kartun) juga membantu bayi untuk memperkaya kosakata karena ia lebih mudah membandingkannya dengan benda asli.

– Dari 7 bulan, bayi sudah mulai mengerti gesture seperti no untuk telunjuk mengacung, gendong, lihat, tunjuk, dan sebagainya.

– Selalu ulang kata setiap bayi menunjuk sesuatu. Ucapkan dengan jelas dan jangan cadel.


Post Comment