Cara Minum Air yang Menyenangkan Agar Anak Tak Dehidrasi

Tak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, minum sangat penting bagi anak-anak agar tak dehidrasi.

Anak-anak biasanya mudah berkeringat, terutama mereka yang aktif dan tak bisa diam. Saya selalu khawatir lho, dengan keringat sebanyak itu apa kebutuhan airnya tercukupi?

memilih air mineral kemasan yang baik

Tanda awal anak dehidrasi bisa berupa rasa haus yang terus menerus, warna urine yang pekat, frekuensi buang air kecil menurun, pusing, mudah mengantuk dan cepat lelah. Sampai sini, dehidrasi masih ringan dan bisa normal kembali dengan minum banyak cairan.

Namun jika berlangsung lama, dehidrasi bisa mempengaruhi fungsi ginjal. Tanda dehidrasi berat adalah tak keluar air mata saat menangis, mata terlihat cekung, menyusutnya ubun-ubun, mudah marah, mulut kering, tidak buang air kecil selama 12 jam, serta kelelahan dan pusing.

Itu sebabnya penting sekali untuk selalu terhidrasi!

Tapi namanya anak-anak ya, sulit sekali rasanya meminta ia minum terus menerus. Gimana caranya agar asupan cairan ke tubuh anak tetap terjaga dengan cara yang menyenangkan?

Buat target bersama

Untuk anak yang kompetitif seperti anak saya, membuatkannya target membuat ia lebih semangat. Misal sebotol air minum harus dihabiskan dalam sehari karena ibu dan appa pun bisa minum air sebotol dalam sehari. It works!

(Baca: 5 Tanda Anak Kita Terlalu Kompetitif)

Tambahkan rasa

Air putih memang membosankan. Untuk menyiasatinya, mommies bisa gunakan infused water agar air ada sedikit rasanya. Kalau bosan, bisa juga dengan membekukan potongan semangka, lalu cemplungkan ke air putih sehingga air jadi dingin dan beraroma semangka. Anak baru boleh makan semangka setelah airnya habis diminum!

Ganti dengan susu

Susu rasanya tak lazim sebagai penghalau dahaga ya. Padahal riset dari Universitas McMaster, Kanada menunjukkan kalau susu lebih sehat dibanding minuman isotonik.

Buat smoothies sayuran dan buah

Yes, sekalian untuk memenuhi kebutuhan seratnya. Mommies bisa membuat jus buah yang diselipkan sedikit sayuran. Anak tidak dehidrasi sekaligus mendapat vitamin dari sayur dan buah.

(Baca: Anak Nggak Doyan Buah dan Sayur, Coba Bikin Smoothies!)

Buat es krim buah

Es krim dari buah-buahan sangat mudah dibuat. Pastikan buahnya berair ya! Jus mangga yang dimasukkan ke freezer bisa jadi dessert menyenangkan. Mommies juga bisa coba membuat es loli dari air kelapa dan buah-buahan yang dibekukan,

Jangan lupa untuk contohkan

Yang terakhir: Monkey see monkey do. Tentu saja ayah dan ibunya juga harus memperlihatkan bahwa minum adalah kegiatan yang normal dan harus untuk manusia. Biasakan dengan membawa botol minum ke mana-mana dan mengingatkan ia setiap kita minum.
Selamat mencoba!


Post Comment