10 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Kelahiran Anak Kedua

Sedang bersiap menyambut kelahiran anak kedua? Pastikan Anda melakukan 10 hal ini agar semua anggota keluarga siap (termasuk) si kakak.

Ketika hamil anak kedua, saya merasa kurang menyiapkan ‘mental’ dan ‘emosi’ si kakak dalam menyambut adiknya. Kurang ngobrol-ngobrol, kurang sesi perkenalannya, hehehe. Baaaam, kemudian adiknya lahir, saya sudah semakin sibuk mengurus adik. Seandainya waktu bisa diputar ulang, mungkin akan ada banyak revisi yang saya lakukan. Beberapa di antaranya adalah ini:

10 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Anak Kedua Lahir - Mommies Daily

1. Pastikan ada yang menjaga si kakak ketika kita sibuk dengan adiknya

Apalagi jika usia si kakak masih balita, tentu saja dia butuh orang khusus yang menjaganya ketika kita sibuk dengan bayi yang baru lahir. Maka, ketika kita sudah tahu due date anak kedua, segera cari kenalan yang bisa menjaga si kakak selama masa-masa genting. Pastikan juga yang menjaga ini cukup kita kenal dengan baik.

2. Siapkan semua kebutuhan si bayi

Begitu kehamilan memasuki bulan ke-6, saya segera menyiapkan kebutuhan calon bayi. Mulai dari pakaian, toiletries, car seat, stroller, dan semuanya. Memang ada kebiasaan yang melarang membeli perlengkapan bayi sebelum usia kehamilan 7 bulan, pamali katanya. Duh, tapi saya buka penganut aliran itu, hehehe.

3. Cuci bersih barang-barang lama yang akan dipakai

Bagi yang memutuskan untuk menggunakan barang-barang milik si kakak untuk adiknya, pastikan kita membersihkan dengan teliti ya. Cuci ulang semua pakaian (walaupun selama ini disimpan di lemari), termasuk car seat, stroller, hingga lemari pakaian atau diaper bag yang akan digunakan.

4. Baby Registry itu boleh banget dicoba

Daripada keluarga, teman dan kolega pusing mencari hadiah yang sesuai dengan kebutuhan kita, tak ada salahnya kita menggunakan jasa baby registry yang sekarang sudah mulai banyak ditemukan di beberapa store perlengkapan ibu dan bayi. Pilih barang-barang yang kita inginkan, lalu informasikan ke teman-teman, di mana mereka bisa mencari hadiah untuk kita. Percayalah, ini akan meringankan beban para pemberi hadiah lho! Nggak perlu merasa nggak enak.

5. Siapkan tas khusus untuk si kakak

Just in case due date menjadi lebih maju, dan kita harus mengantar si kakak ke rumah saudara untuk dititip sementara, maka menyiapkan satu tas berisi keperluan si kakak boleh banget dicoba.

6. Lakukan sesuatu yang spesial bersama si kakak

Mengingat ke depannya akan sulit buat kita menghabiskan waktu khusus berdua dengan si kakak, maka manfaatkan waktu sebelum kelahiran adiknya. Nonton film favorit berdua, jalan-jalan ke taman hiburan, atau short weekend getaway.

7. Cek asuransi

Jika kita memiliki asuransi kantor dan melahirkan menjadi salah satu yang ditanggung, maka cek kembali tipe kamar seperti apa di rumah sakit tempat kita akan melahirkan yang sesuai dengan platform asuransi kita, biaya obat-obatan, bagaimana jika harus ada tindakan medis tambahan, siapkan juga form yang harus diisi.

8. Jangan lupa medical record si kakak

Untuk kita berikan kepada orang yang akan menjaga dan menemani si kakak. Tentang obat-obatan yang biasa dia konsumsi, alergi yang dimiliki, takaran susu, makanan favorit hingga apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

9. Siapkan kebutuhan kita pribadi

Sudah menyiapkan kebutuhan anak pertama dan calon anak kedua, jangan sampai kita lupa pada barang-barang pribadi kita. Mulai dari daster, pakaian dalam, pembalut, skincare (jangan lupaaa!!!!) hingga perlengkapan mandi.

10. Pacaran dulu sama pasangan

Ini penting, hahahaha, sebelum hidup kita semakin rumit dan sibuk dan minim waktu bersantai, maka luangkan waktu untuk pacaran bersama suami.

Selamat menambah anggota baru di dalam keluarga :*


Post Comment