7 Ide Tradisi Baru Untuk Hari Pertama Masuk Sekolah Yang Lebih Seru

Hari pertama masuk sekolah biasanya sangat berkesan. Mulai tradisi baru yuk, agar hari pertama sekolah bisa jadi kenangan yang lebih seru.

Di hari pertama sekolah, para orangtua biasanya menyempatkan untuk berfoto saja bersama anak sebagai kenangan anak pakai seragam pertama kalinya.

Berikut ide tradisi baru agar hari pertama tidak lewat dengan hanya foto begitu saja:

Drama Anak Usia Pra Sekolah - Mommies Daily

1. Foto dengan properti

Yes, jangan hanya foto berdiri memakai seragam namun luangkan waktu sejak beberapa hari sebelumnya dengan membuat properti foto seperti tulisan “1st day”. Simpan properti ini dan gunakan untuk hari pertama tahun-tahun berikutnya. Sehingga suatu hari nanti, mommies akan punya foto anak memegang properti yang sama namun anak tumbuh besar. :)

2. Foto dengan gambar anak

Minta anak menggambar di malam sebelum hari pertama ia sekolah yang menggambarkan perasaannya. Setelah itu foto dengan anak memegang hasil karyanya. Dari tahun ke tahun, foto seperti ini juga akan memperlihatkan pertumbuhan anak.

3. Tulis surat

Tulis surat surprise untuk anak dan selipkan di tas sekolahnya. Katakan perasaan bangga kita sebagai orangtua dan semangati ia untuk selalu belajar dengan rajin di sekolah. Tulis tiap tahun dan simpan di folder khusus setelah anak membacanya. Akan jadi kenangan manis saat anak dewasa nanti.

4. Buat template pertanyaan

Print satu halaman berisi pertanyaan seperti template Instagram story. Mommies bisa beri judul “First Day of School 2019”. Pertanyaannya seputar hal favorit anak di saat itu seperti warna favorit, nama sahabat, mainan favorit, makanan kesukaan, sampai moodnya hari itu. Jangan lupa print setiap tahun dan simpan rapi. Tulisan anak akan membaik dari tahun ke tahun, hal favoritnya pun tentu akan berganti.

5. Buat kapsul waktu

Kapsul waktu atau time capsule sering saya lihat di serial televisi luar negeri. Cara membuatnya, siapkan dus sepatu lalu luangkan waktu untuk anak menulis surat, kita menulis surat untuk anak saat lulus SD misalnya. Jangan lupa masukkan barang yang disenangi atau makanan favorit saat itu. Buka kapsul waktu ini saat kelulusan SD!

6. Ukur tinggi badan

Jadikan momen hari pertama sekolah sebagai momen untuk mengukur tinggi badan. Jangan lupa beri stiker menarik, ukur tinggi badan anak dari tahun ke tahun setiap hari pertama sekolah dan lihat seberapa cepat ia tumbuh. :’)

7. Dekor rumah sebagai kejutan

Yang ini butuh niat ekstra juga tapi pasti hasilnya bagus dan menyenangkan sekali. Jadi saat anak bangun tidur, ia mendapat kejutan di ruang keluarga yang sudah didekorasi dengan kata-kata penyemangat sekolah.

Mommies ada ide lain agar hari pertama sekolah bisa selalu menyenangkan?

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

Post Comment