First Period Kit, Cara Seru Hadapi Menstruasi Pertama Anak

Mommies masih ingat saat dulu mendapat menstruasi pertama? Saya masih, untungnya tidak di sekolah.

Saya mendapat menstruasi pertama saat sedang liburan tahun baru. Jadi kami di rumah dan tidak ada kepanikan berarti karena ibu saya sebelumnya sudah beberapa kali bicara soal menstruasi.

Bersih dan Sehat Saat Menstruasi yang Ideal, Seperti  Apa? - Mommies Daily

Waktu itu saya hanya minta pembalut lalu selesai, hari berjalan seperti biasa. Namun berbeda dengan teman-teman yang kebetulan mendapat menstruasi pertama di sekolah. Panik sudah tentu, malu juga karena bingung harus bagaimana, pembalut pun tidak bawa sehingga harus minta pada guru. Berakhir kebanyakan dari mereka pulang lebih dulu karena takut dan panik.

Menstruasi pertama atau menarche biasanya terjadi pada usia 11 sampai 14 tahun. Tentu ada yang lebih cepat atau lebih lambat. Namun jika anak mommies sudah memasuki usia 9 atau 10 tahun, pembicaraan soal menstruasi seharusnya sudah khatam didiskusikan.

Salah satunya agar anak tidak terkejut mendapati perubahan yang ada pada dirinya. Jangan lupa juga sounding mengenai premenstrual syndrome (PMS) dan apa yang sekiranya akan ia hadapi saat PMS dan menstruasi.

Untuk mommies yang mau menyiapkan lebih (extra mom, alert :))), bisa nih disiapkan surprise seru untuk menghadapi menstruasi pertama. Yaitu dengan memberi anak first period kit.

First period kit adalah satu pouch yang berisi benda-benda yang akan dibutuhkan anak saat menstruasi pertama, terutama ketika ia tidak sedang di rumah. Isinya bisa didiskusikan bersama anak, atau dibuat sebagai surprise dengan perjanjian tidak akan dibuka sampai saat menstruasi pertama datang.

Ide isi pouch first period kit:

– Pembalut (pastikan anak sudah tahu cara pakainya ya!)
– Celana dalam ganti
– Tisu atau tisu basah
– Cemilan kecil seperti permen atau coklat untuk menghibur anak
– Uang kecil untuk jaga-jaga siapa tahu anak butuh pembalut tambahan

Pastikan first period kit ini ada di tas anak dan selalu ia bawa ke sekolah sehingga ketika menstruasi datang, ia siap dan tidak panik. Untuk mommies yang anaknya sudah melalui menstruasi pertama. kit ini juga bisa tetap disiapkan untuk menstruasi berikutnya.

Selamat mencoba!


Post Comment