20 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika di SMP dan SMA, Nak!

Sekolah bukan selalu tentang belajar dan belajar ya nak. Ada banyak hal seru lainnya, yang perlu kamu coba, agar kamu punya banyak memori bersama teman.

Tahun ini si kakak sudah sah menjadi anak SMP. Hal yang membuat saya terharu ketika dia ternyata bisa meraih nilai memuaskan kemudian juga berhasil masuk ke sekolah swasta unggulan, walaupun saya nggak pernah memaksa ketika itu berkaitan dengan nilai.

Begitu kakak masuk SMP, saya malah mengingatkan dia untuk jangan hanya fokus pada belajar dan nilai semata, karena banyak hal menarik lain yang bisa dilakukan di masa remajanya. Mungkin ada beberapa point yang orangtua lain tidak setuju, ya nggak kenapa-kenapa, kan pola asuh setiap orang berbeda-beda, tapi untuk saya pribadi, saya ingin anak-anak saya melakukan 20 hal ini sebelum mereka lulus SMP dan SMA….

1. Stand up for yourself

 20 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika di SMP dan SMA, Nak! - Mommies daily

Tekanan di SMP dan SMA sudah pasti akan lebih berat dibanding masa SD. Tak menutup kemungkinan terjadi bully, pastikan kamu berani untuk melawan dan membela diri kamu sendiri. Hey, mama selalu ada di sini untuk membantu kamu!

2. Bolos sekolah bersama sahabat-sahabat

 20 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika di SMP dan SMA, Nak! - Mommies Daily

Mama lebih senang kamu bilang kalau kamu bolos dan akan pergi ke rumah siapa atau ke mana. Mama jadi tahu di mana dan apa yang kalian lakukan. Bolos sekolah adalah salah satu hal yang menyenangkan. Pastikan saja di saat bolos, kalian tidak melakukan hal-hal bodoh yang akan membuat kalian menyesal.

3. Ikut ekstrakurikuler dan berorganisasi

 20 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika di SMP dan SMA, Nak! - Mommies Daily

Ikut OSIS (eh apa sih sebutannya sekarang? Ahahahaha), paduan suara, futsal, basket, ikut dalam kepanitiaan ketika sekolah menyelenggarakan acara. Banyak pelajaran yang akan kamu dapat di sini. Cara bersosialisasi, bekerja sama, time management, berpikir kreatif dan banyak lagi.

4. Rutin olahraga

jason-briscoe-HN_4K2diUWs-unsplash

Rutin olahraga akan membuat tubuh kamu menjadi lebih fit menghadapi segudang kegiatan, jajanan yang nggak selalu sehat dan tidur yang kurang karena kamu begadang.

5. Pergi ke Prom Night

 20 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika di SMP dan SMA, Nak! - Mommies Daily6

Nggak usah merasa terintimidasi untuk punya pasangan ketika datang ke prom night, karena intinya adalah berkumpul bersama teman-teman.

6. Datang ke acara-acara sekolah yang mungkin tidak kamu minati

Coba buka diri untuk hadir ke acara-acara sekolah yang mungkin kurang kamu minati. Pentas seni, malam membaca, kegiatan pecinta alam misalnya. Siapa tahu kamu menemukan minat baru! Kalaupun setelahnya kamu tetap tidak suka, ya nggak masalah, at least kamu sudah mencoba.

7. Be proud of yourself

Entah apakah kamu ternyata menyukai masa-masa kamu di SMP atau SMA (dan mama berharap kamu memiliki pengalaman yang menyenangkan), you did it! Kamu akan melanjutkan hidup dan berpindah ke jenjang pendidikan berikutnya! Be proud!

8. Berhati-hati dengan postingan di social media

Usia SMP dan SMA tekanan untuk terlihat cool di dunia maya sudah pasti semakin besar. Tapi selalu ingat bahwa rekam jejak social media nggak pernah bisa hilang. Dan jika kamu ingin melanjutkan sekolah keluar negeri atau mendapat beasiswa, percayalah, menjaga social media tetap ‘bermartabat’ adalah kewajiban.

9. Jadilah kakak kelas yang menyenangkan namun punya harga diri

Kadang, masih ada sekolah yang menyelenggarakan malam keakraban agar hubungan antara senior dan junior berjalan harmonis. Pastikan saja kamu jangan melakukan candaan yang keterlaluan, namun tetap jaga wibawa agar adik kelas nggak berbuat kurang ajar.

10. Hargai guru-guru di sekolah

 20 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika di SMP dan SMA, Nak! - Mommies Daily

Banyak cara untuk menjadi keren, tapi menghina atau bersikap kurang ajar ke guru bukan salah satunya! Jika kamu tidak suka dengan sikap guru, sampaikan dengan cara yang baik, lapor ke kepala sekolah atau yayasan. Kita juga bisa diskusi bersama untuk mencari jalan keluar.

11. Keep contact dengan guru-guru kamu

Karena di masa-masa remaja, guru yang tepat akan membantu kamu mengembangkan diri dengan baik. Maka, menyimpan kontak mereka, sesekali menanyakan kabar ketika kamu sudah lulus bisa jadi bentuk penghargaan untuk mereka.

12. Buat rekaman video bersama teman-teman

Bersyukurlah kamu karena sekarang banyak cara untuk menyimpan memori menyenangkan bersama teman-teman. Buat video sebanyak-banyaknya, berisi kegiatan positif kalian, obrolan yang seru dan menyenangkan, lalu putar di kemudian hari untuk mengingat masa lalu.

13. Bikin list lagu-lagu yang menjadi lagu favorit

Akan ada lagu untuk bersama teman, akan ada lagu ketika kamu jatuh cinta, akan ada lagu ketika kamu patah hati. Simpan semuanya dan putar kembali ketika kamu rindu.

14. Miliki foto bersama keluarga

Semakin dewasa kita, semakin sibuk kita, maka akan semakin sulit berkumpul dan memiliki foto-foto layak seluruh anggota keluarga. Make an effort di saat kamu masih bisa melakukannya.

15. Bikin catatan tentang hal yang menyenangkan dan yang tidak

Selalu ada pelajaran yang bisa kamu ambil dari setiap kejadian, entah itu yang menyenangkan atau yang sangat buruk sekali pun.

16. PIkirkan baik-baik foto dan kalimat yang akan kamu tulis di buku tahunan

Ahahahahah, karena itu akan selalu kamu lihat hingga kamu tua. Jadi, pastikan kamu tidak menyesal dan malas untuk melihat serta membacanya lagi dan lagi.

17. Jangan lupakan staf sekolah

Tak hanya guru dan kepala sekolah yang pasti senang dihargai, namun juga ada pengurus kantin, staf perpustakaan, staf administrasi hingga tukang bersih- bersih sekolah dan juga satpam. Ingat nama mereka, perlakukan mereka dengan penuh respek.

18. Nyatakan perasaan kamu kepada orang yang kamu suka

Atau bahkan pacaran juga mama nggak masalah, asalkan masih di dalam batas yang wajar. Karena masa pacaran akan membantu kamu mengenal lawan jenis, mengenal sosok yang kamu suka, memahami apa yang kamu cari dari sosok perempuan.

19. Cetak foto dan jadikan album

Era digital memang semua bisa kamu simpan di smartphone, cloud atau usb, tapi akan berbeda rasanya ketika semua foto-foto itu kamu cetak dan kamu simpan di sebuah album.

20. Isi liburan dengan magang atau bekerja

Sekarang semakin banyak kantor yang membuka kesempatan magang untuk anak SMA. Magang akan membuat kamu belajar mengenal dunia kerja, paham rasanya bekerja keras dan usaha untuk menghasilkan uang.


Post Comment