Pijat Oksitosin Agar ASI Lancar

Siapa yang senang melakukan pijat oksitosin yang dikenal juga dengan pijat punggung? Pijat ini dipercaya mampu memicu pengeluaran hormon oksitosin, hormon yang diperlukan untuk memproduksi ASI.

Pijat Oksitosin - Mommies Daily

Manfaat pijat oksitosin

Nggak usah lagi menyusui, yang namanya pijat itu surga dunia. Yang setuju ngacung. Apalagi buat mama baru yang baru saja melahirkan, harus menyusui nggak kenal jam, mandi nggak sempat, makan buru-buru, aktivitas pijat terutama pijat oksitosin bisa membuat mama relaks, mengurangi stres, dan membantu tidur lebih baik.

1. Meningkatkan pengeluaran oksitosin dan prolaktin

Pijat yang fokus di area punggung dan tulang belakang akan memperlancar produksi ASI dengan cara meningkatkan pengeluaran hormon yang mendukung produksi ASI, yaitu prolaktin dan oksitosin. Hormon oksitosin sendiri akan merangsang payudara berkontraksi, sehingga ASI akan dilepaskan dengan lancar. Perasaan relaks saat dipijat bahkan dapat menekan produksi hormon kortisol (hormon yang dikeluarkan saat tubuh stres), sehingga pengeluaran hormon prolaktin dan oksitosin tidak terganggu.

2. Meningkatkan let-down reflex

Pijat ini selain meningkatkan produksi oksitosin, juga meningkatkan let-down reflex. Itu, lho, ketika ASI kita keluar dengan derasnya. Ini tentu membantu pengeluaran ASI sampai ke bayi. Hal ini diperkuat dengan beberapa penelitian yang telah membuktikannya.Selain itu, mommies baru yang mendapatkan pijat punggung secara rutin, akan memengaruhi sistem saraf perifer, meningkatkan rangsangan dan komunikasi antar saraf, mengurangi nyeri, dan memperbaiki aliran darah ke jaringan dan organ tubuh.

Baca juga:

Tanda-tanda Ibu Hamil Alami Infeksi Saluran Kemih

Minta suami melakukan pijat oksitosin

Pijat oksitosin ini sebenarnya mudah dilakukan. Kita juga bisa meminta suami untuk melakukannya, selama suami ikhlas, nggak ngeluh capek, dan dibarengi dengan senyum manis hehehe…
Sebaiknya duduk bersandar ke depan sambil memeluk bantal agar lebih nyaman. Boleh juga sambil tidur tengkurap dengan dada dialasi bantal.

Menggunakan minyak zaitun atau rosehip oil, minta suami memijat kedua sisi tulang belakang menggunakan kepalan tangan dengan ibu jari menunjuk ke depan. Pijat kuat dengan gerakan melingkar.
Pijat sisi tulang belakang ke arah bawah sampai sebatas dada, dari leher sampai ke tulang belikat.
Nggak perlu satu jam seperti layanan massage pada umumnya. Pijat oksitosin bisa dilakukan selama 2-3 menit saja.

Selamat pijat memijat …. Eeeeh ….

Baca juga:

Infeksi Jamur di Mulut Bayi


Post Comment