5 Pelajaran Hidup Berharga dari Disney Pixar’s Toy Story 4

[SPOILER ALERT]

Woody dan Buzz Lightyear kembali dalam Disney Pixar’s Toy Story 4. Petualangan yang sarat pesan moral.

Semalam, komunitas Mommies Daily bersama Disney Indonesia nonton bareng di Senayan City XXI. Selesai nonton, film Disney Pixar’s Toy Story 4 ini jadi diskusi panjang saya bersama anak dan suami.

Kali ini Woody mendedikasikan dirinya untuk menjaga mainan baru buatan Bonnie, sebuah spork bernama Forky. Petualangannya seru dan menegangkan, sehingga menghibur bagi anak-anak karena lucu. Bisa jadi pesan moral bagi mereka bahwa mainan akan sangat sangat sedih jika tidak dimainkan.

Plus, film ini juga relatable bagi orang dewasa. Banyak pelajaran hidup tersirat yang ketika didiskusikan lagi langsung membuat kita berpikir panjang. The life lessons from this movie are so deep!

toy-story

Ini dia 5 pelajaran hidup berharga dari Disney Pixar’s Toy Story 4:

Sampah pun punya kesempatan kedua

Sepertiga awal film dihabiskan Woody untuk meyakinkan Forky bahwa meski ia terbuat dari sampah, ia tetap punya kesempatan untuk bisa disayang sebagai mainan. Terbukti dengan Bonnie yang menjadikan Forky sebagai mainan kesayangannya.

Namun Forky sendiri yang justru tak percaya diri dan terus menerus menganggap dirinya sampah. Pelajarannya, kadang kita merasa diri kita sebagai orang yang tidak berguna, tapi bahkan sampah pun selalu punya kesempatan kedua untuk bisa bahagia.

Try, try again

Ini pelajaran dari Duke Caboom yang putus asa karena ia selalu gagal dalam melompat. Namun Duke Caboom tak menyerah dan melawan ketakutannya dengan terus terus berusaha sampai ia akhirnya bisa melompat sangat jauh, lebih jauh dari yang pernah ia lakukan.

Pentingnya punya tujuan hidup dan mendengar hati nurani

Saya belajar banyak dari Woody yang fokus pada tujuan hidupnya yaitu membuat anaknya bahagia. Ia rela melakukan apapun, tanpa suruhan siapapun, untuk menjaga Forky karena Forky yang membuat Bonnie bahagia.

Woody bilang hati nuraninya lah yang membuat ia mau melakukan segala hal untuk menjaga Forky. Penjelasan Woody soal hati nurani ini sangat membekas bagi Buzz sehingga ia terus mendengarkan hati nuraninya sepanjang film. :’)

Kebahagiaan diri sendiri itu penting

Setelah seumur hidup mendedikasikan hidup untuk membahagiakan orang lain (Andy dan Bonnie), Woody akhirnya sadar bahwa kebahagiaan dirinya sendiri pun penting. Ia tak mau kehilangan Bo Peep untuk kedua kalinya dan akhirnya ikut dalam petualangan Bo Peep.

Moving on itu proses natural

Dalam hidup, proses patah hati, kecewa, itu hal yang sangat sering terjadi dan ketika menjalaninya memang pasti ada titik di mana kita harus move on. Move on adalah hal yang natural dan mau tidak mau kita jalani.

Makin penasaran? Disney Pixar’s Toy Story 4 sudah bisa ditonton di bioskop kesayangan mommies ya!


Post Comment