10 Hal yang Bisa Membuat Anak Tumbuh Lebih Bahagia

Kalau ditanya satu hal yang paling saya inginkan dari anak adalah: Saya ingin dia bahagia.

Baru menulis ingin anak bahagia aja sudah mellow ya ahahaha. Iya karena bahagia itu rasanya sama sekali bukan hal yang sederhana.

Di luar prestasi akademik, bakat, dan prestasi lain rasanya bahagia jadi satu-satunya tujuan hidup. Jadi tujuan yang pasti membuat perasaan gagal jadi orangtua ketika anak bilang tidak bahagia. Itu sebabnya sejak ia kecil sampai sekarang saya selalu bertanya pada anak: Are you happy? Kamu senang nggak hari ini?

Keuntungan punya anak perempuan - Mommies Daily

21Nah, kalau mommies ingin membuat anak tumbuh dengan lebih bahagia, kita coba yuk cara-cara di bawah ini:

Mendengarkan anak

Ini terdengar mudah tapi kenyataannya tak semudah itu. Kadang kita terlalu sibuk, terlalu lelah, terlalu punya banyak prioritas lain sampai lupa mendengarkan anak. :(

Biarkan anak mengekspresikan emosi dan validasi emosinya

Yesss, kalau nangis ya sudah. Biarkan ia merasakan apa itu sedih dan kecewa. Jangan lupa peluk dan validasi emosinya dengan “mama tau kok kamu sedih/marah/kecewa” sehingga anak merasakan bahwa kita berempati pada perasaannya.

Puji kelebihannya

Iya banyak orangtua yang menghindari memuji anak tapi kalau saya sih tipe yang memuji kerja keras anak. Memuji bisa membuat anak merasa dihargai.

Pilih-pilih temannya

Ungkapan jangan pilih-pilih teman itu udah so last decade banget ya. Teman memang harus dipilih. Bantu anak memilih teman yang bisa saling mendukung dengan positif.

Ajari empati

Ini sulit kalau kita sendiri masih susah berempati. Ajari anak untuk mencoba merasakan apa yang dirasakan orang lain sehingga ia bisa berperilaku baik pada semua orang.

Hindari screen time berlebihan

Screen time mengurangi interaksi sosial jadi jangan sampai berlebihan ya!

Beri anak waktu luang

Kadang kita ingin melihat anak selalu sibuk, sekolah, les, dan berbagai kegiatan lain sepulang sekolah. Padahal anak juga butuh istirahat dan waktu bebas sendiri lho. Beri ia waktu luang untuk melakukan apapun yang ia suka, termasuk leyeh-leyeh!

Makan bersama sebagai ritual keluarga

Sarapan atau makan malam bersama sebagai ritual keluarga bisa jadi budaya di rumah yang menyenangkan lho. Ayo dicoba!

Ungkapkan perasaan senang

Orangtua lho yang juga harus bisa mengungkapkan perasaan senang. Kalau saya biasanya jadi topik obrolan, sebutkan 10 hal yang bikin senang hari ini. Selain untuk mengenalkan emosi bahagia, juga untuk mengajarkan anak lebih bersyukur.

Dicoba yuk!

(Diadaptasi dari elizabethpanley.com)


Post Comment