6 Fakta Unik Seputar Bayi

Bayi, apalagi yang baru lahir punya banyak kejutan. Secara fisik, mereka juga ternyata berbeda dengan manusia biasa.

Ya, bayi bukan hanya manusia dalam bentuk lebih mini. Mereka hadir dengan fisik, insting, dan hal-hal lain yang dalam beberapa sisi bisa sangat berbeda dengan manusia dewasa.

Kapan bayi Boleh Diajak Berenang? - Mommies Daily

Ini dia fakta unik seputar bayi:

Lahir dengan 300 tulang

Bayi punya jumlah tulang yang lebih banyak dibanding orang dewasa yaitu 300 tulang. Semakin besar, tulang-tulang ini ada yang saling bersatu, mengeras, sehingga saat dewasa, manusia hanya punya 206 tulang. Tapi di sisi lain, bayi tidak punya tempurung lutut dan baru akan punya saat usia preschool (2-3 tahun).

Bayi punya insting khusus dalam air

Bayi yang baru lahir secara natural akan menahan napas dan akan bisa langsung menendangkan kaki saat di dalam air. Yang harus diperhatikan, pastikan bayi sudah berusia 6 minggu, kolam renangnya berair hangat, dan ia dalam kondisi sehat.

Rambut bayi akan rontok semua

Rambut bayi saat baru lahir akan lepas satu per satu dan habis seluruhnya di usia 4 bulan. Saat rambut pertamanya lepas, rambut itu akan langsung digantikan dengan rambut baru di tempat yang sama.

Bayi bisa ereksi dan menstruasi

Bayi laki-laki bisa ereksi terutama saat mereka akan pipis. Penisnya juga terlihat bengkak saat baru lahir dan itu hal yang normal. Sementara bayi perempuan di beberapa hari pertama ada yang mengeluarkan darah dari vagina dan cairan putih seperti ASI dari putingnya! Ini wajar karena bayi menyerap estrogen dari ibu selama di perut dan akan hilang setelah beberapa minggu pasca lahir.

Bayi tak bisa merasakan asin

Sampai usia 4 bulan, bayi tidak bisa merasakan asin tapi bisa merasakan rasa lain. Pernah lihat viralnya video bayi dan lemon? Bayi-bayi itu merasakan asam yang lebih dari orang dewasa karena mereka punya kuncup pengecap (taste buds) yang lebih banyak dibanding orang dewasa.

Bayi senang makanan yang dimakanan ibunya

Ini ternyata bukan mitos ahahaha. Bayi bisa mengingat rasa-rasa yang ia minum di air ketuban karena sudah punya indera perasa sejak dalam kandungan. Jadi bayi memang cenderung punya selera yang mirip dengan ibunya.


Post Comment