Kenalan dengan Chef “masakdarurat” Bahtiar Sigar, Masak Simpel Bermodal Magic Com

Pusing dan dagdigdug perkara ART yang entah kembali atau tidak? Coba belajar masak sendiri yuk! Yang simple-simple aja dulu.

Saya follow chef @tiarbah sekitar 2 tahun belakangan di Twitter. Alasannya sederhana, karena dulu suka memberi tips seputar masak memasak. Tipsnya sih tidak dilakukan dan malah sudah lupa hahahaha hanya senang saja membaca tips seputar memasak di Twitter yang kadang topiknya terlalu panas membara. *halah

chef-tiarbah-4

Akhir tahun lalu, chef bernama lengkap Bahtiar Pebri Dwiyana atau akrab disapa Bahtiar Sigar ini mengunggah kue es krim di Instagram @masakdarurat. Uniknya, kue ini dibuat tanpa oven sama sekali, hanya menggunakan magic com! Hingga kini resep itu sudah dilihat lebih dari 45ribu kali.

Chef yang kini berkarier di Manduna Resort Rote, Nusa Tenggara Timur ini kembali viral setelah memasak nasi goreng Whiskas. Iyaaa, Whiskas makanan kucing dibuat nasi goreng dan diakui Bahtiar rasanya enak serta layak dimakan manusia. Penasaran nggak, moms?


View this post on Instagram

A post shared by Masak Darurat (@masakdarurat) on

Tak seberapa lama, akun @masakdarurat di-follow semakin banyak orang. Kini akun itu sudah diikuti oleh 68ribu followers. Resepnya sangat beragam namun tetap satu napas: darurat. Karenanya, bahan yang dipakai semua mudah didapat dan alat yang digunakan pun sederhana, magic com bahkan setrika! Di edisi Ramadan serta Lebaran, @masakdarurat membuat kolak biji salak, ketupat, dan opor ayam yang semuanya menggunakan magic com. Mommies bisa coba juga resep simple birthday pancake atau yang jadi favorit chef sendiri, ayam goreng soda dan es kopi kekinian tanpa mesin espresso. Simak wawancara saya dengan ayah dari Kaluna Mahika Dareen (1 tahun 7 bulan) berikut ini:

Hi chef, gimana sih awalnya sampai bisa bikin akun @masakdarurat?

Berawal dari iseng-iseng, dulu zaman nge-kost saya suka masak-masak pake bahan dan barang yang ada. Kemudian makin iseng saya videoin dan share ke Twitter, nggak nyangka ternyata apresiasinya cukup bagus. Dari sana kemudian saya mencoba untuk rutin bikin video-video baru. Semakin ngerasa bahwa kok belum ada akun masak yang videonya cukup niat dan enak dilihat, tapi pake bahan dan alat seadanya. Karena dulu kalo video masak itu bahannya selalu mahal-mahal, alatnya juga ribet-ribet kan tuh. Saya coba langgar kebiasaan itu biar semua orang yang mau belajar masak sekalipun bisa ikut ngikutin apa yang saya lakukan.

Kenapa resepnya cenderung nyeleneh? Seperti nasi goreng kok pakai makanan kucing?

Di beberapa video memang tampak nyeleneh, ya itung-itung membuka pikiran saya sendiri dan atau semua penikmat video saya. Bahwa kadang saya memperlakukan bahan masakan sesuai kodratnya: Bisa dimasak apa saja, bahkan bisa dijadikan sebuah hal yang baru. Saya rasa itu salah satu cara untuk mencari hal-hal baru saja.

chef-tiarbah-3

Jadi chef itu kan sibuk ya, gimana bagi waktunya untuk bisa tetap aktif di social media?

Betul, untuk pegang kitchen di pekerjaan memang paling tidak saya harus menghabiskan beberapa belas jam setiap harinya. Tapi di beberapa kesempatan kalo lagi agak senggang, saya emang doyan buka timeline Twitter biar tau apa yg sedang terjadi di dunia ini, anak Twitter banget lah pokoknya akakakaka. Kalo bikin video, saya memang rutin menyempatkan jatah hari libur saya di pekerjaan as a chef, untuk bikin konten video masakdarurat. Ya gitu deh, hari libur aja tetep masak ahahaha. Tapi nggak apa-apa, itu seru.

Dari semua resep @masakdarurat, mana yang jadi favorit?

Dari semua menu yang pernah saya buat, ayam goreng bersoda itu saya suka banget. Enaknya bukan main, sampe orang rumah pun beberapa kali saya masakin itu lagi karena enak banget. Sama satu lagi, es kopi susu kekinian yang dibuat tanpa mesin espresso, itu saya bikin kalo pengen seger-seger nikmatin es kopi.


View this post on Instagram

A post shared by Masak Darurat (@masakdarurat) on

Apa yang bikin jatuh cinta dengan dunia memasak?

Ini menarik, karena memasak adalah hal yang ternyata sangat menyenangkan dan terus saya lakukan sejak saya masih anak-anak. Ibu saya punya katering, dulu di rumah, bahkan sejak saya SD, sayalah anak yg sering diajak ibu ke dapur untuk bantu-bantu masak. Dari sana saya udah mulai dikenalin sama bumbu dapur, cara motong, cara ngolah masakan dan lain lain.

Sekitar usia SMP akhirnya mulai tertarik untuk jadi chef. Meski saat SMA sempet musik-musikan dulu dan akhirnya lulus masuk kampus musik favorit di Bandung. Cita-cita saya jadi chef sempat tertunda. Musik dan masak adalah salah dua hal yg saya sukai. Sampai akhirnya saat sudah beres sarjana di kampus musik, saya memutuskan untuk kembali ngejar cita-cita saya jadi chef dengan kembali ambil kuliah di kampus perhotelan.

Banyak yang ngira saya ini pindah haluan dari musik ke masak, padahal dunia masak adalah rutinitas saya juga jauh-jauh hari sebelum masuk kampus musik. Singkat cerita, saya akhirnya mantap untuk mengejar karier saya di dunia masak hingga akhirnya cita-cita saya pun terwujud.

chef-tiarbah

Pertanyaan yang paling pengen ditanyain ke chef laki-laki: Kalau di rumah suka masak nggak sih? :)))

Ahahahahaha, sering banget saya ditanya kaya gini. Kalo di rumah, saya suka banget sama masakan istri, jadi sehari-hari ya istri yang masakin. Kayanya ini juga berlaku untuk semua chef pria di luar sana bahwa, meskipun kami jago masak tapi makanan favorit kami itu adalah: masakan ibu, masakan istri, dan mie instan. Ahahahaha.

Tapi di beberapa kesempatan, kalo istri pengen masakan yang aneh-aneh, saya yang buatkan. Jadi ya masak juga sih di rumah, tapi untuk momen-momen spesial saja.

Sekarang tinggal di Belitung ya? LDR nggak sama anak istri?

Saya dan istri tinggal di Belitung kemarin-kemarin, tapi sekarang saya harus bekerja untuk resort di daerah rote, NTT. Jadi sekarang saya dan anak istri LDR-an. Rasanya nggak enak, tapi nggak apa-apa, ini perjuangan. Untungnya istri saya ngerti kondisinya, jadi ya sama-sama menikmati prosesnya.

chef-tiarbah2

Kalau lagi senggang, kegiatan apa yang biasanya dilakukan sama anak?

Kalo lagi ada waktu senggang dan libur bekerja tapi nggak ada jadwal shooting masakdarurat, saya biasanya nyuruh istri saya “libur” dan memberi waktu untuk me time yg jarang dia lakukan kalo saya lagi kerja karena dia harus seharian jaga anak. Jadi ya saya main berdua sama anak saya, seperti bapak-bapak pada umumnya. Win win solution lah, istri saya dapet waktu luang, saya dan anak juga dapet waktu bersama karena semingguan jarang banget ketemu karena pekerjaan.


Post Comment