5 Destinasi Wisata Ramah Anak di Dubai

Jangan salah kaprah dengan kesan mewah yang selama ini kita dapat ketika mendengar kata Dubai. Karena faktanya, Dubai memiliki banyak sekali destinasi seru untuk keluarga. Ini hasil perjalanan saya ke sana.

Selama ini, ketika mendengar kata Dubai, apa sih yang terlintas di kepala kita? Saat saya bertanya ke beberapa teman kantor (yang sudah menjadi orangtua) jawaban mereka di antaranya:

Burj Khalifa (ini semacam top of mind orang-orang ya :D)
Serba mahal
Padang Pasir
Mobil-mobil dengan harga selangit
Kota mewah
Glamour

5 Destinasi Wisata Ramah Anak di Dubai  - Mommies Daily

Hmmm, nggak ada yang salah sih dengan itu semua, hanya saja ternyata nggak banyak yang mengaitkan Dubai dengan keluarga atau family traveler. Padahal ya, Dubai saat ini lagi rajin-rajinnya lho ‘menciptakan’ destinasi wisata dengan target market keluarga.

Beberapa waktu lalu, atas undangan dari Dubai Tourism, saya, mewakili Mommies Daily berkesempatan mengintip beberapa destinasi yang cocok banget dikunjungi para keluarga. Urutan destinasi saya buat berdasarkan level kesukaan saya, hahahaha.

1. Exploring the Golden Desert with Desert Safari

5 Destinasi Wisata Ramah Anak di Dubai  - Mommies Daily

Trip ini mengajak saya merasakan sensasi off road tapi di atas gurun pasir, hahaha. Satu kata yang sangat mewakili perjalanan ini: SERU! Dijemput oleh supir dari Arabian Adventures dengan menggunakan Land Cruiser, kami dibawa menuju Dubai Desert Conservation Reserve melalui hamparan gurun pasir, dengan gaya mengemudi yang akan membuat para penumpang teriak kesenangan. Dari perjalanan yang anteng aman tentram, tiba-tiba mobil akan gas pol menuju gundukan pasir yang tinggi dan turun dengan cepat. Jangan lupa pakai seatbelt ya agar nggak terbentur-bentur. Lagipula selalu ada polisi yang akan memastikan kita mengenakan seatbelt sih! Karena faktor keamanan sangat diperhatikan di sini.

5 Destinasi Wisata Ramah Anak di Dubai  - Mommies Daily

Dengan tujuan akhir Al Sahara Desert Dinner, ada dua titik pemberhentian untuk para turis berfoto dengan latar gurun pasir serta sunset. Cantik banget kalau cuacanya lagi bagus. Pesan saya: Jangan mau diarahkan gaya oleh pengemudinya, karena hasilnya akan alay, hehehe. Begitu tiba di Al Sahara Desert Dinner, para tamu dipersilakan menikmati berbagai macam hidangan khas Arab atau Timur Tengah dengan hiburan Belly Dancer dan juga bisa gratis henna serta naik onta. Biaya: Sekitar Rp 1.500.000 per orang.

5 Destinasi Wisata Ramah Anak di Dubai  - Mommies Daily

5 Destinasi Wisata Ramah Anak di Dubai  - Mommies Daily

5 Destinasi Wisata Ramah Anak di Dubai  - Mommies Daily

2. IMG Worlds of Adventure park

IMG_7611

Sebagai fans berat Avengers dan Marvel, inilah tempat favorit saya berikutnya. Indoor theme park yang konon kabarnya terbesar di dunia ini (luasnya disamakan dengan 28 kali luas lapangan bola!!) terbagi dari lima area: Marvel, Cartoon Network, The Lost Valley, IMG Boulevard dan Dining & Restaurant. IMHO, ini lebih cocok untuk keluarga dengan anak usia 10 tahun ke atas, karena permainannya lebih banyak didominasi dengan wahana yang bikin adrenalin meningkat dan jantung degdegan nggak kelar-kelar :D.

Sebut saja The Haunted Hotel yang nyaris membuat saya memukul hantunya karena asli ganggu banget ngejarnya *__*, The Powerpuff Girls – Mojo Robot Rampage yang mengangkat, membanting serta memutar-mutar para penumpang, Predator yang sumpaaaah naiknya tinggi banget (untung rel-nya pendek aja)atau Thor Thunder Spin.

IMG_7623

Kalau jantungnya nggak kuat goncangan, ada kok wahana lain yang lebih syahdu dan nyaman di hati :p. Sekadar lucu-lucuan dan buat ketawa-ketawa serta dijamin keluar dari wahana ini wajah nggak akan pucat pasi. Ben10 5D, The Ride with Finn & Jake, Dino Carousel atau Hulk Epsilon 3D.

 IMG_7681 (1)

Aneka restoran hingga toko souvenir bertebaran di sini. Oh, kalau cukup beruntung, kita bisa foto bareng dengan tokoh-tokoh yang ada di film Avengers atau Cartoon Network (dan saya beruntung bisa foto bareng dengan Iron Man — tokoh kesayangan akuuuh :D). Karena ini indoor, suhunya dingin dan banyak kursi untuk duduk, rasa capeknya nggak terlalu berasa. Harga: Mulai dari Rp 1.000.000,-

3. Dubai Parks & Resort

Fireworks 2

Dibukanya Dubai Parks & Resort pada tahun 2016 ini semacam menegaskan Dubai sebagai ‘the capital of fun.’ Di sini, bisa dikatakan penggabungan antara wanaha permainan dan juga deretan restoran. Terbagi dari lima area dengan tema-tema yang tentu saja berbeda: Motiongate, Bollywood, Legoland dan Legoland Waterpark, Lapita dan Riverland. Ada apa saja di setiap area?

The Green Hornet, High Speed Chase

Di area Motiongate, semua wahana diberi nama sesuai film-film yang dikeluarkan oleh Columbia Pictures, Lionsgate, Dreamworks, dan kita juga bisa bertemu dengan tokoh-tokoh yang ada di film-fil tersebut seperti Smurf, Underworld. Jenis permainannya nggak jauh-jauh sih dari water activities dan roller coaster.

IMG_8476

Sedangkan di bagian Bollywood, kita bisa menyaksikan drama musical tentang polisi melawan gerombolan penjahat. Kalau selama ini hanya nonton di film-film bagaimana kehebatan para orang India berjoget, nah di sini kita bisa menyaksikan langsung, hehehe.

IMG_8501

Kalau untuk Legoland, nggak beda jauh kok dengan Legoland di tempat lain, tapi jangan lewatkan bagian di mana banyak miniature dari tempat-tempat ternama di Dubai yang terbuat dari lego.
Sedangkan Lapita sendiri adalah sebuah hotel untuk menampung para tamu yang mungkin ingin menginap di area sini. Untuk harga tiket masuknya ada beberapa pilihan, tapi paling nyaman bisa ambil yang dua hari untuk all parks seharga Rp 2.080.000 per orang.

Hotel Translyvania

4. Global Village

IMG_7718

Saya senang banget waktu diajak ke tempat ini. Kenapa? Karena dengan harga tiket yang sangaaaaat bersahabat, saya bisa belanja di pavilion-paviliun dari sekitar 40 negara yang menjual barang-barang dan makanan khas negara masing-masing. Bayangin dong, saya bisa beli baju di Cina, beli celana di Syria, beli makanan di India, beli tas di Eropa, ahahaha. Global Village ini hanya buka selama 6 bulan setiap tahunnya. Untuk 6 bulan sisanya area akan ditutup untuk mengalami perombakan total dengan konsep baru untuk pembukaan selanjutnya. Gokil sih! Seniat itu! Oh, pastikan saja ke sini dengan menggunakan alas kaki yang super nyaman, karena capeeek banget muter-muternya. Di area belakang ada sirkus dan playground yang membuat anak mungkin nggak akan bosan menunggu orangtuanya belanja, hehehe.

IMG_7729

IMG_7734

Sebenarnya masih ada beberapa tempat lagi yang akan saya bahas, tapi di tulisan selanjutnya ya, agar nggak kepanjangan. Next, saya akan bercerita mengenai kunjungan saya ke Burj Khalifa, ke kantornya Dubai Tourism yang super cakep dengan nilai-nilai yang mereka usung, Madinat Jumairah, The Dubai Mall, Dubai Frame, serta ikutan trip Frying Pan Adventure bagi pecinta kuliner lokal. Plus di mana tempat menginap yang pas dan tempat makan yang seru.


Post Comment