Tips Menangkan Puasa Penuh Energi untuk Anak Aktif

Mengajarkan anak berpuasa, tentu tidak boleh sambil diancam atau dipaksa. Bagaimana cara yang tepat untuk mengajarkan anak untuk tetap aktif dan menangkan puasa penuh energi?

10 Anak Indonesia Berprestasi Favorit Netizen - Mommies Daily
Mengajarkan anak berpuasa ini bisa jadi tricky karena anak biasanya bosan dan merasa terlalu lemas untuk beraktivitas seperti biasa. Wajar saja, kebutuhan energi harian anak kan tetap sama meski ia sedang berpuasa.

Lalu, bagaimana cara terbaik mengajarkan anak berpuasa tetap aktif dan menangkan puasa penuh energi?

Bangun semangat anak

Anak adalah peniru ulung, ini sudah sering sekali kita dengar ya. Dalam konteks belajar puasa, kita bisa memberikan kesan bahwa puasa adalah hal yang menyenangkan dan dilakukan oleh semua anggota keluarga. Perlihatkan excitement jelang sahur atau buka puasa sehingga anak juga ikut semangat.

Tak perlu dipaksa untuk puasa penuh

Siapa sih yang mau dipaksa, kita tidak mau, anak juga pasti tidak suka kan kalau dipaksa. Solusinya adalah menjelaskan hal-hal baik yang bisa didapatkan dengan berpuasa seperti mengistirahatkan perut dan memperbanyak ibadah.

Mommies juga bisa mengasah empatinya dengan bercerita tentang orang-orang kurang mampu yang harus setiap hari “berpuasa” karena tidak mampu untuk makan 3 kali sehari.

Siapkan aktivitas yang tak terlalu melelahkan

Jam pulang sekolah adalah jam-jam kritis karena anak lelah sepulang sekolah tapi tak bisa minum. Solusinya, minta anak untuk tidur siang dan rencanakan aktivitas menyenangkan yang tidak melelahkan. Bisa dengan olahraga ringan bersama, membantu menyiapkan takjil untuk berbuka atau membuat D.I.Y craft. Semua idenya bisa dicontek di Pinterest!

Libatkan anak dalam pemilihan makanan sahur dan berbuka

Makan makanan kesukaan biasanya bikin anak lebih semangat. Libatkan anak untuk merencanakan menu mingguan keluarga. Kalau memungkinkan, ajak juga anak untuk ikut memasak untuk persiapan saat buka puasa. Ingat untuk selalu memasak menu yang bisa memenuhi kebutuhan energi harian anak ya!

Jangan berlebihan konsumsi makanan manis saat sahur

Makan dan minuman manis saat sahur akan menyebabkan kadar gula darah cepat berkurang dan malah lebih cepat merasa lapar dan haus. Pastikan anak tahu persis hal ini, jelaskan dengan bahasa anak bahwa makanan manis berlebihan memang enak di mulut tapi akan membuat cepat lemas.

Makan sahur dan berbuka dengan gizi seimbang

Makan porsi lengkap dengan gizi seimbang tentu jadi solusi agar anak tetap berenergi saat puasa. Menunya harus terdiri dari karbohidrat, sayur, buah, serta protein.

Jangan lupa bantu anak #MenangkanPuasa dan tambahkan MILO ActivGo yang nikmat disajikan hangat saat sahur, serta MILO 3in1 yang lebih enak disajikan dingin untuk buka puasa. MILO ActivGo membantu anak tetap berenergi sepanjang hari dan MILO 3in1 membantu anak mengisi kembali kebutuhan energinya.

Kini, MILO juga lebih sehat dengan kandungan gula 25% lebih rendah namun kandungan malt, vitamin dan mineralnya lebih tinggi. Yuk, pastikan kebutuhan energi harian anak aktif tetap terpenuhi meski sedang berpuasa! Untuk cari tahu lebih lanjut inspirasi #MenangkanPuasa Penuh Energi, Mommies bisa klik di sini.