Keuntungan Punya Anak Perempuan Berdasarkan Penelitian

Ditulis oleh: Febria Silaen

Bukan sekadar katanya. Penelitian membuktikan ini dia beberapa keuntungan punya anak perempuan. Tapi bukan berarti kami menyarankan nambah, anak ya :D

Keuntungan punya anak perempuan - Mommies Daily

 

Satu hari, salah satu teman curhat soal keinginan punya anak lelaki. Padahal, dia sudah punya anak lima dan memang perempuan semua. Saya yang mendengarnya cukup kaget. Anak sudah lima dan sekarang masih mau lagi anak laki-laki padahal usia sudah di atas 35.

Ketika saya tanya, alasannya apa mau nambah anak lelaki lagi. Jawabnya sempat bikin saya kaget. “Ya, punya anak lelaki lebih banyak keuntungannya. Kalau perempuan, nanti semua dibawa orang,” katanya.

Wah, sepertinya teman saya perlu membaca studi terbaru soal punya anak perempuan juga banyak keuntungannya. Seperti penelitian yang baru saja dirilis The Pew Research Center, mengungkap bahwa remaja perempuan lebih ringan tangan dalam menyelesaikan urusan domestik dibandingkan remaja lelaki.

Riset yang dilakukan pada sebanyak 2.190 responden remaja dari tahun 2014 hingga 2017. Seluruh responde diminta untuk mencatat waktu yang mereka habiskan untuk kegiatan sehari-hari, termasuk tugas dari sekolah, pekerjaan domestik, makan, tidur, perawatan, pendidikan, dan rekreasi.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa remaja perempuan menghabiskan 38 menit melakukan tugas membersihkan dan merapikan rumah setiap hari, lebih tinggi daripada anak laki-laki, yang menghabiskan sekitar 24 menit dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Sepertinya pendapat dari Gretchen Livingston, seorang peneliti di Pew Research Center, sesuai dengan peran dan tugas perempuan dalam urusan domestik.

“Memang benar di sepanjang perjalanan hidup bahwa perempuan biasanya melakukan pekerjaan rumah lebih banyak daripada laki-laki,” kata Gretchen.

Apa itu saja, keuntungan dari memiliki anak perempuan? Ternyata tidak.

1. Anak perempuan lebih rajin belajar

Masih menurut Gretchen Livingston yang menyebutkan anak perempuan lebih rajin dalam belajar dan mengejar pencapaian edukasi daripada laki-laki. Peneliti mencatat, remaja perempuan menghabiskan satu jam dan 11 menit setiap hari untuk mengerjakan tugas sekolah. Sementara itu, remaja laki-laki hanya bertahan belajar selama 50 menit setiap hari.

“Setengah jam mungkin kedengarannya tidak banyak, tapi itu setengah jam sehari dan tidak bertambah,” imbuhnya.

2. Anak perempuan lebih baik dalam kemampuan membaca dan menulis

Ada juga studi yang dilakukan oleh Griffith University pada 2018 menemukan, ketangkasan anak perempuan dalam belajar membaca telah melampaui teman-teman laki-laki sebaya mereka selama 27 tahun terakhir.

“Penelitian kami mendapati bahwa anak perempuan secara umum menunjukkan kemampuan membaca dan menulis yang lebih baik daripada anak laki-laki sejak kelas empat.”

3. Anak perempuan lebih percaya diri

Beberapa pendapat sempat menafsirkan bahwa anak perempuan kurang percaya diri tentang kecerdasan mereka. Namun, kenyataan sebaliknya. Sejak usia enam tahun, anak perempuan jauh lebih sadar akan kekuatan dan potensi mereka.

4. Menjadi pendengar yang baik

Ternyata anak perempuan lebih mampu membiasakan dengan suara manusia, dan tampaknya lebih peka terhadap suara manusia daripada suara benda-benda lain.

Ketika mendengar sesuatu yang bergemerincing, anak perempuan dan laki-laki mungkin akan bereaksi dengan cara yang sama. Tetapi ketika sedang berbicara, anak perempuan cenderung lebih merasa memerhatikan dan dekat.

5. Anak perempuan akan mengurus orangtuanya kelak

Anggapan anak perempuan nanti yang akan mengurus orangtua ketika lansia. Ternyata bukan mitos atau sebatas tradisi, lho, mommies.

Karena memang anak perempuan akan lebih mampu memberi rasa aman terhadap orangtuanya. Kalau kebanyakan anak laki-laki cenderung akan menghabiskan waktu senggangnya di luar rumah. Berbeda dengan anak perempuan lebih peduli untuk menemani orangtuanya di rumah. Dan ketika dewasa, anak perempuanlah yang umumnya lebih mampu mengurus orangtuanya yang sudah tua.

Bagaimana, punya anak perempuan ternyata banyak untungnya, lho! Jadi buat mommies, yang punya anak perempuan dan sampai sekarang belum dianugerahi anak lelaki, tidak usah berkecil hati.

Baik anak lelaki atau perempuan itu semua ada kebaikannya sendiri-sendiri dan tantangan dalam mengasuhnya untuk menjadi anak yang berkarakter baik dan mandiri.

 

 


One Comment - Write a Comment

  1. No. 5 benar sekali. Anak laki2 akan lebih “ke arah” istri daripada org tua. Diartikel2 suami dianjurkan utk sayang istri, dewasanya tentu saja sayang istri & biasanya yg urus org tuanya adalah kakaknya atau adiknya. Menurut saya itu anak laki2= aset, anak perempuan= invest, terlalu harsh ya?

Post Comment