Greta Thunberg, Aktivis Lingkungan 16 Tahun Dinominasikan Raih Nobel Perdamaian

Usianya memang baru 16 tahun, tapi buah pikiran Greta Thunberg dan aksinya bisa memperpanjang usia bumi. Greta adalah aktivis lingkungan asal Swedia.

Jika akhirnya nanti Greta dinyatakan sebagai peraih Nobel Perdamaian, maka ia akan menjadi yang termuda. Menggeser posisi Malala Yousafzai, sosok terkenal dari Pakisan, yang menerima penghargaan tersebut ketika berusia 17 tahun.

Greta Thunberg - Mommies DailyImage: AFP/Alex Heimken

Ditulis oleh BBC, ia dikatakan menginspirasi gerakan internasional seputar masalah perubahan iklim. Greta juga telah dinominasikan setidaknya oleh tiga anggota perlemen Norwegia.

Apa yang dilakukan Greta, hingga dinominasikan meraih Nobel Perdamaian?

Awalnya Greta bergerak lewat sosial media twitter, ia mendeklarasikan dirinya sebagai “seorang aktivis iklim berusia 16 tahun dengan sindrom Asperger.” Pertama kali melakukan aksi mogok sekolah, pada Agustus tahun 2018.

Dan tercatat hingga pertengahan Maret 2019, diperkirakan ribukan murid sekolah lebih dari 100 negera serentak melakukan aksi protes dengan tema yang sama. Greta, mempopulerkan gerakannya ini, dengan hashtag #FridaysForFuture.

Greta kerap absen sekolah di hari Jumat, untuk menjalani unjuk rasa. Dari rentetan aksinya yang diikuti ribuan murid di belahan dunia lainnya, seperti Jerman, Belgia, Inggris, Prancis, Australia, dan Jepang,  Greta mulai menarik perhatian dunia internasional. Ia mendapat kesempatan bicara du UN Climate Talks di Polandia, pada Desember 2018, dan di World Economic Forum di Davos (Swiss) pada Januari 2019.

Dengan lantang Greta mengatakan, “ Terkait perubahan iklim, kita harus mengakui bahwa kita semua telah gagal,” di hadapan para pemimpin ekonomi dunia di Davos. Greta kecewa dengan lambatnya orang dewasa dalam menghentikan perubahan iklim.

Untuk nominasinya ini Greta memberi pernyataan para harian Swedia, Aftonbladet. “Jelas suatu kehormatan besar dan baik, dinominasikan dalam penghargaan sebesar itu. Rasanya seperti tidak nyata, dan sedikit aneh.”

-

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung gerakan Greta? (IMHO) mulai dari diri sendiri dulu, aja, mommies. Yang sederhana misalnya, mulai diet kantong plastik, menghemat  berbagai sumber energi, seperti air dan listrik. Minimal, setiap harinya, ada satu aja tindakan kita yang membuat bumi berusia lebih panjang.


Post Comment