10 Tips Manajemen Waktu untuk Kerja Lebih Efektif

Tips membagi waktu dengan baik adalah hal yang paling sering ditanyakan pada orang sukses.

Bagi banyak orang, gagal adalah hal biasa maka yang seharusnya ditanyakan ketika seseorang sedang berusaha meraih mimpi adalah: apakah siap untuk sukses? Siapkah untuk naik kelas dan meninggalkan kehidupan sekarang?

ibu-bekerja
Kalau sudah siap, lakukan 13 hal ini untuk mengatur waktu lebih baik dan siapkan diri selangkah lagi untuk sukses.

1. Rencanakan jadwal harian

Satu kesalahan manajemen waktu adalah mengerjakan apapun yang di depan mata tanpa jadwal yang jelas. Padahal merencanakan sesuatu memudahkan kita mencapai tujuan. Buat satu waktu khusus untuk kita merencanakan apa yang akan dilakukan seminggu ke depan.

Lalu, jangan lupa untuk membuat review mingguan untuk melihat apakah yang kita jadwalkan sudah selesai dengan sempurna?

2. Buat batasan jelas untuk keluarga, me time, dan … media sosial!

Yes, ini yang tersulit kan. Tapi sebetulnya mudah asal kita berkomitmen. Dari yang paling sederhana saja, jangan pegang ponsel saat sedang bersama anak. Jangan lupa juga untuk set batasan waktu untuk media sosial.

3. Kategorikan waktu menjadi: waktu fokus, administrasi, dan waktu khusus

Waktu fokus adalah di mana kita harus menyelesaikan pekerjaan tanpa terganggu apapun. Doing THE job. Sementara waktu administrasi adalah di mana kita menyelesaikan membalas email, membuat invoice, atau hal-hal yang sebetulnya tidak kita sukai tapi harus dikerjakan. Sementara waktu khusus adalah waktu kita me time dan family time.

4. Bagi waktu dan buat alarm

Setelah waktu terbagi, saatnya benar-benar fokus dan mengerjakannya selama waktu tersedia. Jika kita terdistraksi sedikit saja maka butuh 15 menit untuk mengembalikan fokus itu. Sangat membuang waktu, kan?

5. Latihan untuk buat prioritas

Belajar fokus pada 20% hal yang penting dibanding mengerjakan 80% hal yang kurang penting.

6. Lakukan dengan “egois”

Harus berani bilang tidak pada ajak teman makan siang di luar atau menolak makan malam yang terlalu jauh dari rumah jika keduanya bisa menganggu produktivitas.

7. Buat ritual pagi hari

Banyak orang yang sudah langsung cek email saat bangun tidur. Padahal hal itu tidak akan efektif. Buat ritual pagi hari seperti mandi atau minum kopi dulu sebelum memulai pekerjaan hari itu.

8. Temukan waktu terbaikmu

Ada orang yang bisa produktif bekerja di pagi hari, siang hari, atau bahkan tengah malam saat suasana sudah sangat sepi. Temukan waktu terbaikmu dan lakukan semua pekerjaan yang butuh fokus lebih di waktu itu.

10. Batasi prioritas dalam satu hari

Daripada membuat daftar 10 hal yang harus dilakukan setiap hari, akan lebih efektif untuk membuat 6 daftar terpenting yang harus dilakukan dalam seminggu. Jangan mulai melakukan hal kedua sebelum hal pertama selesai.

Inspired by: Classy Career Girl


2 Comments - Write a Comment

  1. halo, aku disini baru banget. aku seorang working mom, tepatnya mompreneur. ini salah 1 mimpi aku yg terwujud, dr dulu pngen bgt jd my own boss, eh puji Tuhan kesampean. usaha aku masih baru banget, aku WNI yg berlokasi di Taiwan, mlh produk ku blm sampai ke Indonesia, hahaha. for all working mom, GOGOGO! jgn putus asa!! kita pasti bisa!!

Post Comment