banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

Mertua Cemburuan? Ini 5 Cara Halus Menghadapinya

author

fiaindriokusumo10 Sep 2023

Mertua Cemburuan? Ini 5 Cara Halus Menghadapinya

Selalu salah di mata mertua? Belum tentu kesalahan ada di kita. Bisa jadi, mertua cemburuan pada kita. Ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

Beberapa dari Mommies mungkin tidak tinggal satu kota atau satu rumah dengan mertua dan menganggap kondisi ini adalah sebuah anugerah karena hubungan dengan mertua jadi lebih relatif tanpa konflik berarti. Namun, tidak semuanya memiliki kondisi yang sama. Beberapa Mommies lainnya bisa jadi tinggal dalam satu rumah yang sama atau hanya berjarak satu jam dari rumah tinggalnya.

Tidak jarang ada Mommies yang bercerita bahwa ia merasa selalu dimusuhi mertua. Misalnya, di akhir pekan selalu mendapat tugas ‘wajib militer’ untuk menginap di rumah mertua. Belum lagi kalau setiap menginap selalu ditanya kenapa nggak pernah masak, kenapa di kamar terus, dan masih banyak lagi omongan yang tidak enak di hati.

Bahkan berdasarkan cerita dari salah satu Mommies di komunitas Mommies Daily, ia bahkan tiba-tiba ditanya kapan bercerai saat sedang rapat keluarga besar. Duh, ada-ada saja!

BACA JUGA: 13 Tanda Mertua Bukan Penggemar Berat Anda dan Cara Mengatasinya!

Cara Menghadapi Mertua Cemburuan

Menjaga jarak dengan mertua juga bukan menjadi solusi yang tepat bagi beberapa orang. Semakin menjaga jarak, malah kemarahan mertua bisa jadi tidak berujung.

Mengumpulkan saran dari beberapa Mommies untuk menghadapi mertua yang cemburuan, ini beberapa cara halus yang bisa dilakukan.

1. Ngobrol dengan suami

Ungkapkan pada suami tentang ketidaknyamanan yang dirasakan dengan sikap mertua. Bukan untuk mengadu domba atau melihat dengan siapa suami lebih berpihak. Tetapi setidaknya suami tahu duduk perkara yang terjadi dan bisa membantu mencari solusi yang tepat untuk menghadapi ibunya.

2. Berikan perhatian pada mertua

Coba berikan perhatian lebih pada mertua, misalnya dengan membawakan masakan, ajak jalan-jalan, atau sering-sering ditelepon pasti akan membuat hatinya senang. Bisa jadi, keberadaan anak-anak yang jarang berkunjung ke rumah, membuat mertua merasa kesepian dan ketakutan akan kehilangan anaknya.

3. Mendorong suami untuk tetap dekat dengan ibunya

Hal terpenting bagi seorang ibu adalah cinta anaknya. Begitu dia merasa bahwa putranya akan selalu mencintainya seperti dulu, dia akan mulai menerima pasangan pilihan anaknya.

4. Hindari konflik

Semakin kita ngotot merasa tak bersalah,  sikap permusuhan dari mertua malah akan semakin besar. Selama masih bisa dituruti, turuti saja permintaan mertua. Jika tidak bisa dituruti, coba bicarakan baik-baik dan turut sertakan suami dalam obrolan tersebut.

5. Libatkan mertua dalam urusan keluarga

Misalnya, sesekali kita curhat tentang masalah kita, minta pendapat pada mertua untuk urusan memilih kado untuk kerabat, dan sebagainya. Mertua akan merasa dianggap penting kehadiran dan keputusannya, sehingga bisa semakin menumbuhkan rasa sayang mertua pada menantunya.

BACA JUGA: Menurut Psikolog, Ini 7 Cara Mudah Menghadapi Mertua yang Menyebalkan!

Nah, kalau Mommies, punya saran dan masukan lain untuk cara menghadapi mertua cemburuan? Komen, yuk!

Cover: Image by Freepik

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan