6 Bahan Makanan Wajib Ada Selama Bulan Puasa

Agar memudahkan menyiapkan menu sahur dan berbuka. Sekalian memaksimalkan momen bulan puasa hidup lebih sehat, yuk siapkan 6 bahan makanan berikut ini.

Enam Lima Bahan Makanan Wajib Ada Selama Bulan Puasa - Mommies DailyImage: by Vanesa conunaese on Unsplash

Mumpung baru masuk minggu pertama bulan puasa, yuk siapkan enam bahan makanan di bawah ini. Manfaat puasa dari segi ilmu agama dapat, dari sisi kesehatan juga tetap terjaga.

1. Sumber serat

Tahu sendiri ya, pas puasa tuh kadang tergoda buka pakai gorengan *nunjuk diri sendiri, hihihi. Di sinilah fungsi bahan aneka sumber serat meredam dampak jelek kada kolesterol mengonsumsi makanan yang digoreng. Tapi jangan jadi pembenaran juga, mommies terlalu sering melahap makanan yang digoreng. Selan itu serat melancarkan pencernaan.

Contoh sumber serat: sayur-sayuran,kacang-kacangan, buah-buahan dan pasta gandum.

2. Bumbu-bumbu dasar untuk memasak

Tujuannya efesiensi saat memasak untuk sahur dan berbuka. Kalau trik saya, nih. Blender bawang merah dan putih dalam jumlah agak banyak (dicampur saja), dan ditaruh dalam wadah kedap udara terbuat dari kaca. Selanjutnya cabai, bisa cabai merah keriting atau besar, sesuaikan saja dengan kebutuhan mommies. Jangan lupa semua tambahkan minyak, sebagai bahan pengawet alami. Simpan di kulkas, deh. Nggak perlu repot ngupas-ngupas bawang lagi, kan?

3. Sumber karbohidrat

Selain nasi putih, mommies bisa sedia nasi merah atau hitam. Atau sumber karbohidrat alternatif, seperti kentang dan umbi-umbian. Dari segi kesehatan, umbi-umbian termasuk superfood. Mengandung vitamin A, dan vitamin C. Selain itu kalium dan natrium yang dapat membuat sel-sel darah merah, sel saraf, dan untuk sistem kekebalan tubuh kita.

4. Sumber protein

Baik itu yang berasal dari hewani atau nabati. Dada ayam, ikan, daging, tahu tempe, oncom, telur, susu dan lain-lain. Taruh dalam freezer, dalam wadah yang sudah disesuaikan untuk satu kali masak.

5. Kurma

Saya menyebut buah yang satu sebagai “buah ajaib.” Yang paling terasa dampaknya terhadap tubuh saya, meningkatkan energi dengan cepat. Biasanya saya konsumsi, minimal tiga buah saat sahur dan berbuka. Hebatnya lagi, karena kurma tinggi zat besij, vitamin C, dan B6, kurma juga dapat mengobati anemia. Semua zat tadi rapat merangsang produksi hemoglobin.

6. Frozen food

Khusus yang satu ini, saya sarankan beli dari pruduksi rumahan, misalnya nugget, sosis dan lain-lain. Karena biasanya bebas dari bahan pengawet dan MSG. Dari masa expired-nya juga tidak akan selama makanan beku produksi pabrikan. Memudahkan kalau mommies bangun kesiangan, tinggal goreng, makan dengan nasi hangat, deh.

Baca juga: 4 Pilihan Olahraga Supaya Puasa Terjaga, Aktivitas Tetap Lancar

 


Post Comment