Melindungi Anak Saat Kita Tak Bisa 24 Jam Membersamainya

Salah satu kekhawatiran sebagai ibu bekerja adalah tidak bisa menemani anak sepanjang waktu. Bagaimana kita melindunginya?

Saat pertama bekerja setelah cuti 3 bulan, saya galau luar biasa. Apakah perlu resign? Apakah harus berhenti dulu dari karier demi mengurus anak? Apakah ia akan baik-baik saja meski tidak 100% saya temani kesehariannya?

Melindungi Anak Saat Kita Tak Bisa 24 Jam Membersamainya Lifebuoy

Hal ini sangat lazim dialami ibu bekerja. Tidak peduli usia anak, kapanpun kita merasa tidak mendampinginya, rasa bersalah itu pasti ada. Dari kekhawatiran kecil seperti urusan makan hingga kekhawatiran ia sakit atau terluka saat jauh dari pengawasan kita.

Tapi sebetulnya kekhawatiran itu bisa saja terjadi ketika ia bersama kita juga kan. Namanya anak kecil kadang gerakannya tidak terduga. Duh, paling ngilu kalau harus melihat anak lebam atau terluka karena benturan tak sengaja.

Belum lagi masalah kebersihan lingkungan. Saya sampai berusaha sebisa mungkin menghindari mandi bola karena merasa kulit anak saya sensitif. Khawatir kalau mandi bola nanti ia mudah tertular penyakit.

Padahal, tubuh manusia itu sudah dianugerahi sistem pertahanan yang luar biasa. Saya baru tahu kalau kulit manusia adalah sistem pertahanan pertama yang dilengkapi mekanisme biologi terutama untuk menangkis serangan bakteri.

Ada yang pernah dengar soal imunitas kulit?

Imunitas atau kekebalan kulit harus dijaga agar ketahanan tubuh anak tetap prima. Kulit kita sangat unik, sel-sel di kulit bisa lho mendeteksi bakteri dan virus, bahkan ada sel kulit yang bisa menghancurkan dan mengusir kuman.

Kulit juga bertindak sebagai organ imun aktif yang bisa membantu mencegah infeksi, radang, serta alergi. Jadi merawat kulit si kecil sangat penting karena mempengaruhi daya tahan tubuhnya.

Sesederhana rajin mandi 2 kali sehari dengan sabun yang tepat, bisa meningkatkan imunitas kulit. Jangan lupa ajari si kecil cara cuci tangan dengan sabun dengan benar untuk mengusir kuman.

Kalau kulitnya sehat, ia bisa lebih terlindung dan kita pun jadi lebih tenang untuk meninggalkannya saat bekerja. Mommies bagaimana? Sudah melindungi kulit anak dengan baik?

Source:
https://www.netdoctor.co.uk/conditions/skin-and-hair/a3653/the-immune-system-and-the-skin/
https://www.cell.com/trends/immunology/fulltext/S1471-4906(18)30028-0


Post Comment