Begini Cara Menjawab Pertanyaan Seputar Politik dari Anak

Jelang pemilu 17 April mendatang, bukan hanya kita yang terlibat berbagai diskusi soal politik. Ada pertanyaan apa dari anak tentang pemilu?

Saya bertanya di Instagram @mommiesdailydotcom dan jawaban yang masuk rata-rata seragam. Di antaranya:

“Paslon itu apa? Capres itu apa? Debat itu apa? Kampanye itu apa?”

“Kenapa Jokowi sama Prabowo nggak bisa menang semua?”

“Kenapa banyak foto orang di pinggir jalan?”

pemilu
Pertanyaan semacam itu banyak datang dari anak usia TK lho! Nggak heran karena memang pemilu ini jadi bahan pembicaraan di mana-mana. Mereka mungkin mendengar orang mengobrol dan jadi mempertanyakan sendiri. Anak saya juga sama. Ia bertanya apa itu presiden dan siapa itu Jokowi. Begini cara saya menjawabnya.

Analogikan dengan hal yang ia mengerti

Karena anak saya masih TK, saya menganalogikan presiden dengan kepala sekolah. Sekolah dipimpin oleh kepala sekolah, kota dipimpin oleh gubernur, negara dipimpin oleh presiden. Karena ia sudah mengerti konsep kota dan negara, jadi menjelaskannya pun tidak terlalu sulit.

Kalau anak mommies belum mengerti konsep dunia dan negara, bisa jadi kesempatan untuk mengenalkannya juga. Bisa secara montessori dengan mengenalkannya pada galaksi dulu, dunia, benua, baru kemudian negara dan kota.

(Baca juga: 5 Hal yang Ingin Saya Ajarkan Tentang Politik pada Anak http://mommiesdaily.com/2019/04/02/5-hal-yang-ingin-saya-ajarkan-tentang-politik-kepada-anak/)

Mama, pilih siapa?

Yang ini sesuaikan dengan value keluarga masing-masing. Ada yang menjawab disertai data kenapa mama papa memilih si A tapi ada juga yang masih menganut paham sisa orde baru LUBER (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia) sehingga merahasiakannya dari anak.

Keduanya tidak apa. Asalkan dijawab dengan alasan yang jelas, bukan hanya diminta diam atau “anak kecil nggak usah banyak tanya”. :)

Minta ia riset sendiri

Untuk anak yang lebih besar, pemilu bisa jadi ajang untuk belajar riset latar belakang seseorang. Bisa dengan membaca biografi, prestasinya, keluarganya, dan banyak lagi. Saykoji membuat video menjelaskan pemilu pada anaknya Aaron dan menarik untuk ditonton.

Jangan lupa tanamkan nilai-nilai moral

Yang ini penting sih menurut saya. Ketika anak melihat poster caleg bertebaran di jalan, tanyakan pendapatnya. Apakah itu hal baik? Apakah melanggar peraturan?

Juga tentang perbedaan, jelaskan pada anak kalau perbedaan harusnya memperkaya, bukan memecah belah.

Jadi, sudah jawab apa saja pertanyaan seputar politik dari anak moms?


Post Comment