Sri Widuri Awyanpraba, “Don’t forget to enjoy what you are doing”

Meski Sri Widuri Awyanpraba punya kegiatan yang padat sebagai Chief Operating Officer of Tutor Time Indonesia, dia tetap bisa menikmati pekerjaan dan kehidupan pribadi. Mau tahu apa kuncinya?

Beberapa waktu lalu, saya sempat ngobrol dengan Sri Widuri Awyanpraba (44), atau punya sapaan Cindee Spies, ketika Mommies Daily bekerja sama dengan Tutor Time. Dengan percaya diri dan mantap, Cindee menjawab setiap pertanyaan saya dengan mumpuni, dia sangat menguasai perannya, sebagai Chief Operating Officer of Tutor Time Indonesia.

Sri Widuri Awyanpraba - Mommies Daily

Ketika saya ulik lebih dalam lagi, tidak heran, karena salah satu motonya dalam bekerja, “Don’t forget to enjoy what you are doing.” Iya, yah, kadang kita suka lupa memasukkan unsur enjoy  ke dalam pekerjaan. Hari demi hari, semua serba otomatis.

Cindee ibu dari Josh (15) dan Raoul (12), juga tahu betul bagaimana memperlakukan diri dan keluarga dengan layak. Sehingga, perannya sebagai ibu bekerja, istri dan ibu bisa berjalan harmoni.

Simak obrolan kami dengan perempuan, jebolan The University of Hong Kong, Faculty of Education, Master in Education (M. Ed).

Tools/Apps yang dipakai untuk memanage karier & keluarga?

Saya tidak pakai apps. Hanya What’s App untuk suami dan anak-anak. Open communication itu alat yang paling utama. Kami selalu menyempatkan waktu untuk bertemu dengan anak-anak di malam hari sebelum tidur, sekadar ngobrol dan tukar cerita. Kemudian kami tutup pertemuan dengan doa bersama, sebelum mereka kembali ke kamar masing-masing untuk tidur.

Rahasia tetap efisien dalam bekerja?

Saya selalu menggunakan sistem mind mapping, jadi saya bisa memilah tugas-tugas mana yang menjadi most priority dan less priority. Teknik ini memudahkan kita untuk melalukan pekerjaan yang berbeda-beda dalam waktu yang bersamaan.

How is your sleep & exercise routine?

Im a light sleeper, paling lama saya tidur hanya 5 jam di malam hari. Tetapi saya usahakan untuk olahraga setiap hari setiap ada kesempatan, kalau sedang di kantor, saya menyempatkan turun ke gym di kantor, satu jam selama jam makan siang. Saya sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti BFI Marathon di bulan April. Kalau di rumah, saya sempatkan berlari selama 30 menit – 1 jam di sekitar rumah, setiap hari.

Buku yang lagi dibaca/favorit seputar karier, parenting atau lainnya?

Karena saya sedang mempersiapkan program Mathematics for Kids, buku yan sedang saya baca adalah “Exploring Science and Mathematics in a Child’s World” dengan author Davis Keller. Buku lain yang jadi favorit saya adalah “Ages & Stages”  dari Karen Miller untuk menambah ilmu di bidang pendidikan anak usia dini. Untuk memotivasi diri, bukunya Rhonda Bryne berjudul “The Secret”.

Kiat agar tetap fokus kerja di tengah kesibukan?

Don’f forget to enjoy what you are doing. Keep the excitement of doing your task by “out of the box” thought. I like to develop or renew  programs, itu yang membuat saya tetap esemangat dan fokus.

Punya me time andalan? Dan kenapa?

Setiap Selasa malam, me time saya adalah having a cozy bubble bath dengan segelas wine di rumah, diiringi dengan instrument dari OST Somewhere In Time, lengkap dengan lilin aroma terapi. Kenapa selasa malam? So I have something to look forward too, setelah selama seminggu jadwal saya padat dengan pekerjaan, mengurus rumah tangga dan anak-anak, dan bersosialisasi. Di momen itu saya bisa menemukan relaksasi dan biasanya akan muncul ide-ide baru untuk pekerjaan saya.

Bentuk dukungan seperti apa dari keluarga, yang dirasa paling bermanfaat?

Sri Widuri Awyanpraba - Mommies Daily

Suami saya sejak awal sangat terlibat dalam urusan rumah tangga dan mengurus anak-anak. Dari sebelum menikah, suami saya yang mendorong saya untuk berkarier dan attain further study. Suami saya yang pertama meyakinkan saya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi (and fund it), karena dia yakin saya mampu untuk melakukannya dan ini akan bermanfat untuk perjalanan karier saya di masa depan. And he is absolutely right!

3 hal apa yang dilakukan ketika merasa bosan dengan pekerjaan?

  • Turun ke dapur dan memasak (bahkan di jam 3 pagi)
  • Hang out with my girlfriends
  • Baca novel romance dari kindle

Post Comment