Cara Mencintai Diri Sendiri Sebetulnya Seperti Apa?

Mencintai diri sendiri, berarti diiringi dengan tindakan. Berikut 7 tahapan kita masuk dalam kriteria dan cara adil mencintai diri sendiri.

Mencintai Diri Sendiri - Mommies DailyImage: by Raychan on Unsplash

Mulai dari tagar, fitur GIF di Instagram, obrolan sehari-hari bahkan tema kami di Februari adalah Self Love is The Most Important Love. Dan mungkin, di antara mommies ada yang memasukkan self love ke dalam resolusi tahun ini. Tapi tahu nggak, sih, mommies, apa makna sebenarnya dari mencintai diri sendiri?

Dilansir dari psychologytoday.com, mencintai diri sendiri, adalah penghargaan terhadap diri sendiri yang tumbuh dari tindakan. Aksi nyata kita itu, juga harus berdampak positif di berbagai ranah – fisik, psikologis, dan spiritual. Di antaranya adalah tentang tindakan-tindakan yang membuat kita dewasa, di berbagai keadaan. Jadi mencintai diri sendiri, tak melulu menyoal memoles diri agar terlihat paripurna.

Misalnya bisa menerima kelemahan diri, tapi di sisi lain, fokus pada kekuatan diri. Daripada sibuk meratapi, kalimat-kalimat pesimis, “Kok hidup aku tak seperti dia?”, “Wah, dia sudah ada di titik itu, aku kenapa masih di sini aja?”.

Masih dari situs yang sama, ini dia 7 langkah yang memvalidasi seseorang dikatakan sudah mencintai dirinya sendiri dengan mumpuni.

1. Become mindful

Mindful di sini berarti tahu betul apa yang mereka pikirkan, rasakan dan inginkan. Kenal sama dirinya sendiri. Bertindak pun karena mereka tahu alasan dan tujuannya. Bukan ikut-ikutan orang lain.

2. Bertindak berdasarkan apa yang dibutuhkan, bukan diinginkan

Hmmm, klise ya si kebutuhan dan keinginan ini. Tapi faktanya, jika kita sudah bisa membedakan keduanya, manfaatnya besar. Contohnya gini, saya tergiur melihat koleksi terbaru dari koleksi tanaman yang dijual di Instagram, ingin banget beli. Tapiii, pikir punya pikir, kebutuhan mendesak saya bukan itu, lho. Kalau memaksakan, malah menimbulkan masalah pada cash flow saya. Yang ada saya jadi stres, yang seperti ini, bukan wujud cinta diri sendiri, kan?

3. Melakukan perawatan diri

Nah, benar kan? Soal merawat diri hanya salah satu dari sekian langkah mampu mengaplikasikan self-love. Perawatan diri yang dimaksud, memenuhi kebutuhan dasar kita dengan baik. Seperti makanan dan minuman sehat, porsi tidur yang cukup, olahraga dan interaksi sosial yang sehat.

4. Tahu batasan

Karena sudah kenal dengan diri sendiri dengan baik, maka mommies sudah terlatih dengan batas kemampuan kita. Nggak semua limpahan pekerjaan dari atasan harus diiyakan, kan? Selama alasannya jelas. Atau dengan tegas menolak ajakan keluar malam dari teman hampir setiap akhir pekan, ada prioritas menjaga kesehatan.

5. Lindungi diri sendiri

Semakin saya dewasa, saya makin picky memilih orang-orang yang masuk dalam inner circle. Hanya mereka yang satu frekuensi dalam berpikir dan bertindak. Meminimalkan bad vibes masuk ke dalam hidup.

6. Berani memaafkan diri sendiri

Sudahlah, jangan terlalu keras dan senang menghukum diri sendiri, mommies. Semua orang pernah dan selalu melakukan kesalahan. Justru, karena kesalahan tersebut, kita bisa belajar banyak hal. Saatnya bernyali untuk memaafkan diri sendiri, dan move on ke lembaran baru.

7. Hidup dengan tujuan

Apa pun itu tujuannya, jika hidup kita sudah terarah ke titik yang spesifik maka semua yang kita lakukan punya alasan yang jelas. Rangkaian keputusan yang mommies ambil, dipertimbangkan dengan matang. Ketika misi berhasil, kita akan lebih mencintai diri sendiri, karena menyaksikan diri mommies mampu menyelesaikan apa ingin dilakukan.

 


Post Comment