Gondongan pada Anak, Gejala dan Cara Mencegahnya

Gondongan adalah penyakit menular yang ditandai leher sekitar pipi dan telinga membengkak. Apa gejalanya dan bagaimana cara mencegah gondongan pada anak?

Semalam, Xylo mengeluh pipinya sakit, saya pegang ada benjolan kecil. Sudah feeling ini gondongan, akhirnya saya beri obat penahan rasa sakit kemudian dia baru bisa tidur. Paginya mulai terlihat bengkak meski tidak terlalu kentara karena pipinya yang memang chubby.

cegah gondongan pada anak dengan vaksin mmr

Pagi itu juga kami langsung ke dokter anak dan ternyata positif gondongan. Diberi antivirus, vitamin, dan ibuprofen karena gondongan itu sakitnya luar biasa. Tapi karena Xylo ketahuan saat baru hari kedua, ia masih ceria. Tidak demam dan tidak mengeluh sakit sama sekali. Pipinya dipegang pun tidak masalah.

Apa itu gondongan?

Gondongan atau mumps adalah pembengkakan yang menginfeksi kelenjar ludah. Karena berupa virus, penyakit ini sangat mudah menular melalui air liur namun tidak semenular cacar atau campak yang virusnya bisa melewati udara.

Bagaimana gejala gondongan?

Gejala awalnya demam tinggi yang diikuti oleh pembengkakan area leher sekitar pipi dan telinga. Namun Xylo sih sampai sekarang tidak demam sama sekali. Hanya bengkak saja. Anak juga akan merasa nyeri saat menelan, bicara, mengunyah, atau minum cairan yang mengandung asam.

Gondongan yang parah sangat jarang terjadi namun BISA terjadi radang pada testis, selaput sekitar sumsum tulang belakang, otak, dan pankreas

Bagaimana cara pemulihannya?

Karena menular lewat virus, anak harus dijaga daya tahan tubuhnya. Dokter sih tadi memberi antivirus supaya tidak bertambah parah. Disarankan pula untuk banyak minum, makan buah-buahan, dan tidak dulu bersekolah agar tidak menularkan ke anak lain. Gondongan akan sembuh dalam 5 hingga 7 hari.

Bagaimana cara mencegah gondongan?

Gondongan pada anak bisa dicegah dengan vaksin MMR. MMR ya (Mumps, Measles, Rubella). Vaksin MMR ini sudah kembali tersedia setelah bertahun-tahun kosong. Harus diingat kalau vaksin ini beda dengan vaksin program pemerintah tahun lalu ya. Vaksin program pemerintah itu hanya MR, tidak melindungi anak dari mumps (gondongan).


Post Comment