17 Tanda Kita Terlalu Lelah Dalam Bekerja

Sebelum kita terlalu keras mengelak bahwa kita memang terlalu lelah dalam bekerja, coba cek apakah 17 hal di bawah ini sebagian besar kita alami?!

Kadang, di saat tubuh sudah memberikan alarm untuk kita beristirahat, atau ketika emosi dan pikiran kita juga sudah bereaksi terhadap beban kerja yang kita jalani, nggak jarang kita semacam membaca mantra di dalam hati demi meyakinkan diri sendiri, bahwa apa yang kita lakukan nggak salah sama sekali. Nah, sebelum kebablasan, coba cek, apakah 17 hal berikut ini ternyata kita rasakan atau alami? Kalau iya ….. akui sajalah bahwa kita terlalu lelah bekerja.

17 Tanda Kita Terlalu Lelah Dalam Bekerja - Mommies Daily

1. Menunda bangun pagi

Setel alarm tapi berkali-kali juga kita matikan karena tubuh kita masih terasa lelah, karena kita enggan rasanya membuka mata dan berangkat ke kantor.. untuk kemudian bangun dengan rasa panik.

2. Merasa habis banget energinya setelah selesai bekerja

Sampai kita nggak ada tenaga lagi untuk melakukan hal-hal lain seperti olahraga, memasak, bermain dengan anak atau sekadar ngobrol bersama pasangan.

3. Pola tidur berantakan

Seringkali mereka yang merasa tertekan di pekerjaan mempunyai pola tidur yang berantakan

4. Merasa bebas merdeka di hari jumat malam

Ketika kita merasa legaaa luar biasa di hari jumat malam dan melangkah keluar dari kantor, ini salah satu ciri kita tertekan dengan pekerjaan kita.

5. Tidak antusias ditanya tentang pekerjaan oleh orang lain

Ketika teman di luar kantor atau keluarga bertanya mengenai pekerjaan kita, entah itu kita berada di kantor baru atau sudah bertahan lama di perusahaan yang lama, jawaban kita hanyalah sekadarnya dan kita kehilangan minat membicarakannya.

6. Banyak yang bertanya ke kita apakah kita baik-baik saja?

Bisa jadi rekan kerja melihat betapa kita tidak bergairah di kantor atau melihat kita stuck di sebuah proyek.

7. Tidak sering menghabiskan waktu bersama rekan kerja di luar urusan pekerjaan

Bahkan untuk sekadar kumpul makan siang di pantry saja kita sudah kehilangan minat, karena yang ada di pikiran hanyalah pekerjaan, pekerjaan dan pekerjaan.

8. Hidup macam Vampire

Di saat jam normal malah kita tidak bisa berpikir apa-apa, sebaliknya begitu malam datang barulah kita merasa kreatif dan bisa mengeluarkan ide-ide. Padahal, bisa jadi ini karena kita merasa terkukung dalam suasana kerja di kantor.

9. Takut menghadapi senin pagi

Rasa malas hingga selalu berkeluh kesah ketika senin datang menandakan kita sudah tidak bisa menikmati kegiatan bekerja kita.

10. Selalu berkhayal untuk segera resign

Berharap bisa keluar dan menemukan kantor baru dengan gaji yang lebih baik dan pekerjaan yang lebih menantang itu lain soal. Tapi kalau kita selalu ingin resign tanpa alasan yang jelas, menandakan kita terlalu lelah bekerja dan hanya ingin beristirahat.

11. Tidak ingin menjelaskan panjang lebar mengenai pekerjaan kita

Ketika ada yang dengan antusias bertanya, seperti apa pekerjaan kita atau apa yang kita lakukan? Alih-alih menjelaskan dengan antusias, kita malah hanya tersenyum sekadarnya dan merasa pertanyaan itu sangat mengganggu.

12. Tidak bersikap baik dengan rekan kerja

Saat kita merasa jenuh dan lelah, biasanya itu terlihat dari sikap kita terhadap rekan-rekan kerja di kantor. Tak lain dan tak bukan karena kita juga sudah merasa malas berinteraksi dengan orang-orang seperti itu.

13. Tidak ingat lagi kapan pencapaian kita di dunia kerja

Ini tandanya tidak ada pencapaian baru yang kita capai.

14. Selalu merasa overwhelmed

Kadang stress di tempat kerja tentulah hal yang wajar, tapi kalau kita terus menerus merasa stress, berarti ada yang salah.

15. Merasa stuck terus menerus

Writer’s block memang wajar dialami oleh penulis, atau ide kreatif mandek bisa juga dirasakan oleh anak-anak kreatif. Tapi terus menerus merasa stuck, mungkin kita bisa pertimbangkan mencari pekerjaan baru atau traveling dulu sejenak.

16. Bersikap sinis

Apa pun yang dilakukan oleh perusahaan atau atasan selalu salah di mata kita.

17. Terus mengeluh kepada pasangan di rumah

Siapa lagi yang paling enak dijadikan bemper untuk marah-marah? Pasangan di rumah tentu saja. Tapi jangan juga masalah di kantor membuat kita menciptakan masalah baru di luar kantor, apalagi dengan pasangan.

Nah, berapa point yang kita rasakan selama ini?


Post Comment