Kategori & Contoh Mainan Terbaik untuk si 3 Tahun

Supaya dapat hasil maksimal, sebaiknya mainan yang si kecil gunakan, juga disesuaikan dengan tahapan usianya.

Mommies pasti sering memerhatikan logo usia di kemasan mainan anak sebelum membelinya. Untuk beberapa merk tertentu yang sudah dipercaya puluhan tahun memproduksi mainan, logo ini sangat berarti. Misalnya untuk alasan keselamatan anak.

Kategori & Contoh Mainan Terbaik untuk si 3 Tahun - Mommies DailyImage: by Soraya Irving on Unsplash

Buat mommies yang sedang mencari jenis mainan untuk si kecil yang sebentar lagi 3 tahun, kami berikan referensinya dari motherandbaby.co.uk.

1. Problem-solving toys: Permainan jenis ini penting untuk dimainkan mulai 2 tahun. Contoh: puzzle sederhana yang berjumlah minimal 12 – 20-an, board games, memory games, flashcard, dan sorting toys.

2. Building and construction toys: Jika si kecil tertarik dengan segala sesuatu yang bertema STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika), maka permainan ini cocok dimainkan si kecil. Contoh: sand and water play toys, building bricks, colourful blocks, construction sets, magnets and gears.

3.Role-play/Imaginative toys: Di usia jelang 3 tahun, anak-anak mulai mengembangkan keterampilan berbahasa, dan sosial mereka. Nah, bermain peran cara yang baik untuk mereka terbiasa dengan dunia sekitarnya. Contoh: tea-sets, food toys, child-sized kitchens, shop sets, pretend money, mini furniture, dress-up clothes & puppets.

4.Literacy: Ketika kerampilan membaca dan bahasa anak mulai berkembang, adalah masa dimana mereka akan menikmati buku yang mengandung lebih banyak kata.

5.Creative toys: Biasanya usia 3 tahun ada yang sudah memasukkan anak ke playgroup. Nah di sekolah anak distimulasi menjadi kreatif dengan membuat beberapa karya. Sebaiknya juga dipraktikkan di rumah. Mainan yang bias mommies sediakan: crayons, markers, paint/paintbrushes, finger paints, coloured paper, chalk and chalkboards, modelling clay and playdough.

6.Musical and visual toys: mendengarkan berbagai suara bermanfaat untuk perkembangan dan komunikasi si kecil. Contoh: Mini instruments, toys with lights & sounds.

7. Mainan yang mendorong keterampilan fisik si kecil: akan sangat membantu mengembangkan otot dan koordinasi tangan dan mata.  Mainan interaktif: sekadar memperkenalkan, ada benda yang bernama computer dan sejenisnya. Apa yang diinstal di dalamnya  harus atas pengawasan orangtua. Contoh: tablet, minicomputer, basic coding kits dan telepon seluler palsu.

Mainan kategori mana yang mommies rasa paling berpengaruh dalam menstimulasi tumbuh kembang si kecil di usia 3 tahun?

 


Post Comment