Bekerja dari Rumah Juga Bisa Efektif, Begini Caranya

Adakalanya di beberapa kebijakan kantor memberikan izin kepada karyawannya untuk bekerja dari rumah. Seperti yang empat tahun ini saya rasakan di Mommies Daily, terutama jelang akhir tahun & hari besar nasional lainnya. Gimana, ya, caranya supaya tetap berjalan efektif?

Sebelumnya saya mau kasih gambaran pahitnya dulu, hahaha. Godaannya sebanyak itu! Kasur empuk yang masih dingin sisa hembusan AC semalam, wangi minyak telon si kecil selesai dimandikan, piyama adem yang menggoda untuk dikenakan kembali, daaaan masih banyak lagi printilan lainnya, yang akan menggoda iman mommies untuk tidur lagi aja, lebih enak, daripada menyelesaikan deadline :p

Bekerja dari Rumah Juga Bisa Efektif, Begini Caranya - Mommies Daily

Nah, karena dari awal saya tahu banyak rintangan kalau kerja dari rumah. Makanya saya sengaja memberlakukan lima kiat ini. Minimal semangat saya sama seperti saat kerja di kantor.

1. Mandi & berpakaian rapih!

Layaknya mau berangkat ke kantor. Yuk bikin badan kita segar dulu. Habis itu, jangan pakai piyama lagi. Nggak usah pakai baju yang terlalu formal buat ngantor, minimal kita memantaskan diri untuk menerima kesibukan hari itu. Oh iya, semprot parfume favorit jangan lupa, ya!

2. Tentukan spot favorit buat kerja

Saya sih belum punya meja kerja khusus, ya. Tapi memang, ada beberapa spot favorit, yang bikin saya nyaman mengetik. Salah satunya? Di atas kasur, hahaha. Posisinya tetap duduk tegak kok. Secara postur tubuh juga sehat, dan menyingkirkan rasa kantuk dan malas, walau AC kamar masih menyala.

3. Sarapan dan ngopi seperti biasa

Kedua rutinitas pagi saya di kantor ini, juga nggak saya tinggalkan. Karena secara metabolisme tubuh juga sudah terbiasa menerima asupan makanan, dan kopi. Jika dilewatkan, sayanya malah lemas. Nggak mesti sama seperti saya, sesuaikan aja sama kebiasaan mommies.

4. Tetap punya target dan to do list

Minimal biasanya dalam dua jam, harus ada satu target selesai. Boleh istirahat sebentar buat peregangan otot, tapi jangan kelamaan. Habis itu, tengok lagi to do list kita yang harus selesaikan. Targetnya jangan molor dari jam kerja layaknya kita di kantor. Misalnya kerja dari jam 9, ya jam 5 sudah tutup laptop dan beralih ke urusan di luar pekerjaan kantor.

5. Kasih reward

“Kalau sudah selesai semuanya, saya layak tidur siang dua jam ah nanti.” Simple kan? Tapi sunggu deh, power nap itu bikin badan kita segar pas bangun. Mau lanjut lagi nyicil kerjaan buat besok monggo. Atau habis itu mau jalan-jalan ke mall refreshing, silakan banget.

Lima kiat di atas akan berhasil dijalankan dengan syarat, si kecil kita titip dulu ke mbak atau orang rumah yang dipercaya. Untuk kondisi saya, kebetulan si kecil saya titip di daycare. Selain itu lima poin tadi bisa dipraktikkan buat mommies yang punya bisnis rumahan.

 


Post Comment