Disangka Lemak, Perempuan Ini Ternyata Punya 26 Kg Kista Rahim

Dari hari ke hari, perut Keely Favell semakin membesar. Sempat menyangka hamil namun semua tes kehamilan menyatakan negatif.

Perempuan berusia 28 tahun asal Swansea, Wales ini terlalu takut untuk pergi ke dokter jadi ia mengabaikan perutnya yang terus membuncit. Ia hanya menganggap dirinya gemuk meski sering sekali dikira hamil oleh orang lain karena postur tubuhnya yang hanya membuncit di bagian perut.

Semakin hari perutnya itu semakin mengganggu. Ia sulit bernapas dan sempat pingsan. Manager di kantor dan ibunya pun kemudian memaksa agar Keely mau dibawa ke dokter.

“Setelah berbagai tes darah yang semuanya tidak memberi keputusan apapun, dokter menyatakan aku hamil padahal ia tidak pernah memeriksa lebih lanjut dan tes darah kehamilan menyatakan hasil negatif,” ujar Keely dalam tulisannya di edafeo.com.

kista rahim
Source: edafeo.com

Karena merasa aneh, dokter itu pun kemudian merujuk Keely untuk melakukan USG. Keely langsung merasakan ada yang tidak beres karena petugas USG memperlihatkan wajah sangat terkejut ketika melihat isi dalam perutnya itu.

Keely tidak hamil, buncit itu bukan pula karena lemak. Tetapi karena kista berisi cairan di rahim yang sudah mencapai ukuran 26 kilogram. Dokter kandungan yang menangani Keely pun langsung memintanya untuk operasi.

“Aku akhirnya dirujuk pada dokter kandungan yang mengharuskanku untuk operasi. Aku akan dibedah dari dada hingga tulang pelvis, seperti operasi caesar di masa lalu,” papar Keely.

Operasi kista biasanya berlangsung hanya selama 1,5 jam, namun karena kistanya sangat besar, operasi molor hingga 5 jam. Setelah kistanya diambil, postur Keely kembali normal dan ia pun dinyatakan masih bisa hamil.

“Aku sebelumnya kesulitan sekali melakukan hal sederhana seperti menyetir mobil atau naik tangga. Kehilangan kista itu mengembalikan hidupku,” ujarnya pada BBC.


Post Comment