banner-detik
FINANCIAL WELLNESS

Belanja Online, Transfer Tunai atau Pakai Kartu Kredit?

author

Mommies Daily15 Aug 2018

Belanja Online, Transfer Tunai atau Pakai Kartu Kredit?

Kemudahan belanja online membuat banyak orang memanfaatkan fasilitas ini untuk bisa mendapatkan barang atau kebutuhan yang diperlukan dengan lebih mudah dan lebih cepat. Membayarnya bagaimana, tunai atau kredit?

Cara Efektif Meredam Hasrat Belanja yang Berlebihan

Namun, kehadiran belanja online juga bisa menjadi boomerang bagi keuangan karena banyak kemudahan membayar secara kredit bahkan hingga 24 bulan lamanya. Agar belanja online bisa semakin bijak, berikut adalah tips and triknya.

Buat rekening terpisah

Apabila Mommies memiliki kecenderungan untuk belanja yang kurang bisa dikontrol, maka sebaiknya ada rekening belanja yang terpisah dari rekening untuk kebutuhan rumah tangga. Setiap bulan, Mommies boleh menyisihkan 5% dari penghasilan untuk belanja pribadi. Dana belanja ini bisa dihabiskan setiap bulan, atau bisa juga dikumpulkan untuk pembelanjaan yang lebih besar.

Gunakan dompet elektronik dan kartu debit

Jika Mommies punya satu toko online langganan atau e-commerce langganan, maka manfaatkan dompet elektronik yang tersedia untuk menampung bujet belanja bulan tersebut. Namun, jika Mommies lebih suka jajan di berbagai toko online mau pun e-commerce, maka lebih disarankan untuk membayar dengan kartu debit (atau transfer manual).

Batasi belanja sesuai bujet bulanan

Bahaya besar jika terbiasa menggunakan kartu kredit adalah Mommies akan secara otomatis merasa ‘ah masih ada limit’. Demikian juga dengan penggunaan rekening yang dicampur dengan urusan operasional karena merasa “ah masih ada cash”. Padahal bisa jadi saldo dana tersebut adalah bujet uang sekolah bulanan anak. Untuk mengatasinya, kembali lagi disarankan untuk memisahkan rekening belanja.

Gunakan cicilan 0% hanya untuk kebutuhan jangka panjang

Kartu kredit mau pun tawaran cicilan boleh saja digunakan saat belanja online. Walau tidak ada ketentuan spesifik untuk belanja apa, sebaiknya hanya gunakan fasilitas ini untuk membeli benda-benda kebutuhan rumah tangga yang memiliki jangka wantu pemakaian yang lama. Misalnya pembelian alat dapur, pembelian furnitur, mau pun elektronik.

Belanja bulanan

Untuk kebutuhan belanja bulanan, sebaiknya membayar dengan kartu debit. Jika ada penawaran promo kartu kredit, usahakan berfungsi hanya sebagai alat pembayaran yang akan dilunasi saat tagihan tiba. Mommies bisa menggunakan poinnya untuk diskon tambahan sehingga lebih hemat.

Live a Beautiful Life!

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan