Tips Sukses Memompa ASI di Bulan Puasa untuk Ibu Bekerja

avent-1

Bulan puasa segera tiba, adakah yang masih menyusui sambil bekerja? Jika ya, manajemen ASI dan jadwal pumping-nya tentu harus dipikirkan dari sekarang ya. Karena saat puasa, tidak makan sekitar 14 jam tentu bisa berpengaruh pada kelancaran ASI.

Sebelum memutuskan puasa, pertimbangkan dulu usia bayi. Jika bayi masih berusia di bawah 6 bulan dan berisiko ASI tidak lancar, maka sebaiknya mommies menunda dulu puasa. Namun jika bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan, sudah mulai makan, dan berat badannya tidak kurang, maka mommies bisa ikut berpuasa.

Jangan lupa konsultasikan dulu pada dokter. Ada banyak kasus anak jadi diare saat ibu berpuasa karena nutrisi pada ASI jadi berkurang banyak.

Jadi, tips sukses memompa agar ASI lancar bagi ibu bekerja di bulan puasa?

1. Makan 3 kali sehari dengan nutrisi yang baik

Karena siang tidak makan, sebaiknya ibu menyusui tetap makan 3 kali sehari, saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur malam. Perhatikan asupan nutrisi serta konsumsi banyak karbohidrat untuk tambahan energi, sayur dan buah agar tubuh tetap fit. Jangan lupa minum vitamin atau suplemen penambah ASI.

2. Konsumsi banyak air putih

Orang yang tidak menyusui saja rentan haus ketika puasa sambil bekerja, apalagi yang menyusui ya. Jadi minum sebanyak-banyaknya air putih saat sahur dan berbuka ya, moms!

3. Pompa sebanyak mungkin di malam hari

Pumping terlalu sering di siang hari berisiko rasa lapar serta tubuh lemas dan produksi ASI berkurang. Siasati dengan pumping di malam hari setelah berbuka puasa dan setelah salat tarawih. Sempatkan juga pumping sebelum dan sesudah makan sahur.

Untuk menjaga produksi, tetap lakukan pumping di siang hari di kantor namun jangan terobsesi pada kuantitasnya. Pumping dilakukan agar payudara tetap terstimulasi sehingga bisa terus memproduksi ASI.

Agar bisa memompa dengan nyaman, pastikan mommies menggunakan pompa ASI terbaik. Breast pump dari Philips AVENT bisa jadi pilihan untuk pompa ASI tidak sakit, nyaman, mudah digunakan, dan bantalan corong yang ergonomis dan menghasilkan pijatan pada payudara. Ada tiga pilihan breast pump yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, manual, single electric, dan double electric.

avent-2

4. Pastikan jumlah kebutuhan bayi

Ini penting untuk menentukan target pumping harian. Berapa botol yang dihabiskan bayi dalam sehari ketika ditinggal bekerja? Jika sudah tahu persis rata-rata jumlah botol yang dikonsumsi, kita baru bisa mempertimbangkan frekuensi pumping. Misal bayi dalam sehari menghabiskan 500 ml ASI, maka hari itu mommies harus pumping sebanyak 500 ml yang dibagi ke dalam beberapa kali sesi pumping.

Untuk pemberian ASI perah (ASIP) pada bayi, pastikan juga mommies menggunakan botol susu bayi yang aman dari Philips AVENT. Botol yang didesain menyesuaikan kebutuhan ibu dan anak ini mudah dibersihkan, dot yang ergonomis, tidak bocor, mudah digenggam, dan terbukti secara klinis anti-kolik.

Botol susu Philips AVENT bisa menempel pada mulut bayi secara alami karena dotnya lebar seperti payudara. Kelopak dotnya juga unik sehingga bisa meningkatkan kelembutan dan kelenturan tanpa menjadikan dot mengempis.

avent-3

5. Atur waktu istirahat

Istirahat yang cukup juga jadi faktor penentu kuantitas ASI lho. Atur waktu dengan baik agar jam tidur tetap cukup sehingga tidak kelelahan.

6. Weekend Supply

Saat weekend jangan berhenti pumping ya, moms! Tetap pumping sesuai jadwal di hari kerja sehingga produksi tidak menurun. Hasil pompa saat weekend ini bisa disimpan untuk berjaga-jaga jika stok ASI kurang untuk anak saat ditinggal bekerja.

Yang terakhir, jangan memaksakan diri dan usahakan tetap nyaman sehingga ASI lancar. Untuk produk bayi terbaik, percayakan pada Philips AVENT yang sudah lebih dari 30 tahun bekerjasama dengan para ahli dan profesional di bidang kesehatan serta orang tua dalam proses penelitian dan pengembangan produknya. Semura rangkaian produk Philips AVENT seperti sterilizer, bottle warmer, botol, hingga produk pendukung MPASI, didesain menyesuaikan kebutuhan ibu dan anak, mudah digunakan dan mengadopsi teknologi terkini.

Produk Philips AVENT juga dapat ditemukan dengan mudah di toko retail seperti Mothercare atau pembelian online di Official Store Philips di JD.id, Orami, Lazada, Tokopedia dan ecommerce lainnya. Sedang ada promo tukar tambah botol lho, moms! Dapatkan potongan harga Rp 20.000 untuk setiap pembelian botol single Natural dan Classic+ dan potongan Rp 25.000 untuk pembelian botol susu twin Natural dan Classic+.

Dapatkan juga hadiah langsung cover menyusui (Apron) di setiap pembelian Pompa ASI Manual dan gratis tas pendingin ASI (Cooler Bag) di setiap pembelian Pompa ASI Elektrik. Promo terbatas hingga 15 Mei 2018, hanya berlaku di toko-toko bertanda promosi. Detail lengkapnya bisa dibaca di sini ya!

Selamat menyusui di bulan puasa, mommies!


Post Comment