banner-detik
BEAUTY

Cara Pilih Skincare untuk Kulit Kering dan Dehidrasi, Dijamin Ampuh!

author

annisast02 Oct 2023

Cara Pilih Skincare untuk Kulit Kering dan Dehidrasi, Dijamin Ampuh!

Siapa yang kulitnya kering, tapi jadi semakin kering karena cuaca panas ditambah polusi udara? Cobain cara jitu pilih skincare untuk kulit kering ini, yuk!

Cuaca semakin hari semakin panas. Belum lagi udara yang kualitasnya kurang baik. Ternyata kedua hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Selain karena faktor eksternal, ada juga beberapa faktor internal yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan dehidrasi seperti penuaan, kondisi kesehatan tertentu, hingga kurang minum air putih yang cukup.

Soalnya kalau kulit sudah dehidrasi, wah repot deh, bisa menyebabkan perih dan pecah-pecah. Makeup juga nggak bakalan nempel dengan baik di kulit wajah. Kondisi kulit ternyata jarang berubah drastis, lho. Jadi, cara terbaik untuk merawatnya adalah dengan mengenali dulu jenis kulit, baru kemudian cari tahu cara menanganinya.

Rajin pakai skin care is a must! Tapi dalam kasus ini, skincare seperti apa yang cocok untuk kulit kering?

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Pelembap untuk Kulit Kering dan Menguatkan Skin Barrier di Usia 40-an!

Tips pilih skincare untuk kulit kering dan dehidrasi

Ini beberapa cara yang bisa Mommies lakukan saat pilih skincare wajah jika memiliki masalah kulit kering dan dehidrasi.

1. Bersihkan muka dengan Cleansing Balm & Milk

Membersihkan wajah dengan cleansing milk atau cleansing balm menjadi cara paling ramah untuk mengatasi dan memperbaiki kulit kering karena teksturnya yang lembap. Kulit tidak terasa makin kering dan tertarik. Cleansing milk juga memberi efek lembap saat membersihkan muka sehingga tidak terasa perih.

2. Pilih sabun cuci muka tanpa SLS dengan pH rendah

Pilih sabun cuci muka juga harus hati-hati. Banyak sekali sabun cuci muka yang mengklaim untuk kulit kering justru bikin kulit semakin ketarik. Kuncinya ternyata ada di Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Sebaiknya, hindari sabun cuci muka yang mengandung SLS dan pH rendah.

3. Pakai hydrating toner

Setelah cuci muka, toner itu wajib diaplikasikan ke wajah untuk mengembalikan kelembapan pada kulit. Tapi, make sure yang dipakai adalah hydrating toner ya!

Hydrating toner yang digunakan sebaiknya mengandung bahan yang melembapkan seperti gliserin dan hyaluronic acid. Jenisnya juga bermacam-macam, ada yang disemprot, diulaskan dengan kapas dan juga hanya ditepuk-tepuk menggunakan tangan.

4. Tambahkan serum dengan kandungan hyaluronic acid

Setelah toner meresap, gunakan juga serum yang mengandung Hyaluronic Acid. Serum model ini biasanya teksturnya cepat menyerap sehingga kulit muka tidak terasa berat.

5. Pakai face oil

Kulit kering paling mudah dilembapkan dengan sesuatu yang berminyak. Meski pakai minyak, tidak berarti kulit akan jadi terasa berat dan oily kok, asal kita memilih dengan benar dan tahu triknya. Face oil bisa digunakan sebagai serum atau malah menggantikan pelembap. Jika masih tidak nyaman, pakailah di malam hari sebelum tidur.

BACA JUGA: Rekomendasi Sunscreen yang Bagus untuk Jenis Kulit Kering di Usia 40-an

Cover: Image by jcomp on Freepik

Jangan lupa dicoba ya, Mommies!

Share Article

author

annisast

Ibu satu anak, Xylo (6 tahun) yang hobi menulis sejak SD. Working full time to keep her sanity.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan