banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

Seperti Apa Trend Parenting 2018?

author

fiaindriokusumo08 Feb 2018

Seperti Apa Trend Parenting 2018?

Kira-kira para mommies masa kini bakalan mempunyai gaya baru seperti apa lagi ya untuk urusan parenting? Ini dia rangkuman kami mengenai trend parenting 2018.

Seperti Apa Trend Parenting 2018? - Mommies Daily

1. Feminist Parenting

Semakin banyak orangtua yang akan mengajarkan anak-anaknya konsep mengenai feminist, cara menumbuhkan rasa percaya diri, pentingnya saling menghargai satu sama lain apa pun jenis kelaminnya.

2. Durasi parental leaves yang lebih panjang

Semakin banyak orangtua bekerja yang menuntut perusahaan untuk memberikan cuti melahirkan yang lebih panjang, minimal sesuai dengan masa pemberian ASI ekslusif.

3. Cuti melahirkan untuk para ayah

Meningkatnya kesadaran tentang pentingnya peran serta ayah dalam mengasuh si kecil, maka semakin banyak perusahaan yang berencana membuat aturan pemberian cuti melahirkan untuk para ayah. Mana Aminnya?

Baca juga:

Ayah Dapat Cuti Panjang Saat Isteri Melahirkan, Setuju?

4. New food guide

Trend pentingnya makanan sehat semakin meluas di kalangan orangtua, dan mau tidak mau daycare serta sekolah-sekolah juga ikut terkena dampaknya. Kantin sehat atau catering sehat menjadi tuntutan orangtua terhadap sekolah dan daycare. Di mana makanan cepat saji mulai dihilangkan dari menu kantin sekolah, less milk, lebih banyak proten nabati dan home cooked food. Anak-anak pun juga mulai dikenalkan dengan pola makan yang benar, diet sehat seimbang.

Baca juga:

Memilih Daycare yang Aman

5. Green parenting

Kondisi bumi yang semakin memprihatinkan menimbulkan kesadaran dari para orangtua untuk lebih menjaga alam, dan gaya hidup seperti ini pun sudah mereka kenalkan ke anak-anak sejak dini. Pemilihan produk-produk untuk anak pun dipilih yang eco-friendly, recycle products.

6. Akun social media para bayi

Oh well, sebenarnya trend ini sudah dimulai sejak akhir tahun 2017 di mana yang mengawalinya adalah para selebritis yang langsung membuat akun social media tak lama setelah bayi mereka lahir di dunia. Dan jumlah follower dari akun bayi ini sungguh maha dahsyat!

7. Nama lokal kembali mendominasi

Setelah trend nama-nama Timur Tengah sempat mendominasi para bayi di Indonesia, tahun ini nama-nama lokal kembali menjadi pilihan. Ya sudahlah ya, kembali ke akar :D.

8. Mainan yang ramah lingkungan

Pemilihan mainan berbahan dasar plastik semakin ditinggalkan dan mainan dengan bahan dasar kayu pun akan menjadi popular.

9. Lebih pintar membagi waktu

Karena tidak ingin tenggelam secara emosi akibat terlalu fokus pada kebutuhan anak sehingga melupakan kebutuhan diri sendiri, orangtua saat ini akan lebih bijaksana dalam menggunakan waktu yang ada. Mereka mencoba seimbang antara mengasuh anak dengan memberikan waktu untuk diri sendiri. Sounds good!

Sekarang tinggal kita tentukan pilihan, mana trend yang akan kita ikuti dan mana trend yang akan kita hempaskan :).

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS