banner-detik
KIDS

Hati-hati, Hepatitis A Pada Anak Sering Kali Tidak Bergejala

author

adiesty28 Jul 2021

Hati-hati, Hepatitis A Pada Anak Sering Kali Tidak Bergejala

Penyakit Hepatitis A pada anak sering kali tidak bergejala. Mengapa? Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai penyakit Hepatitis A pada anak.

Hepatitis sendiri merupakan salah satu penyakit yang sering dilaporkan di dunia, termasuk hepatitis A. Seperti yang diungkapkan Dr dr. Rinaldi A Lesmana SpPD-KGEH, FACG, FINASIM, "Penyakit ini jika dibiarkan dan kronis akan menyebabkan kematian.

Hepatitis A- mommiesdaily

Yang menyedihkan, secara global ternyata penyakit Hepatitis A lebih banyak dialami anak-anak, terutama yang tinggal di lingkungan yang kurang bersih, khususnya area yang kondisi sanitasinya masih buruk.

Lebih lanjut, dr. Rinaldi menjelaskan bahwa Virus Haptitis A menyebar secara fecal oral. Misalnya, nih, jika seseorang yang sudah terinfeksi virus Hepatitis A kemudian ia meyiapkan masakan untuk orang lain tanpa mendindahkan kebersihan, risiko penularan begitu tinggi. Intinya, virus Hepatitis A lebih mudah menyebar di area yang tidak bersih.

Meskipun penyakit ini sering dialami oleh anak-anak, namun sering kali anak-anak yang mengalaminya tidak menunjukan gejala apa-apa, namun, tentu saja bisa menularkan pada orang lain.

"Anak-anak sering tidak bergejala karena infeksinya sebenarnya bukan akibat langsung dari visrus tersebut, namun karena respon imun tubuh pada anak untuk mengeluarkan virus pada sel hati. Munculnya gejala sebenarnya merupakan pertanda respon imun tubuh seseorang sudah bekerja dengan baik. Sedangkan untuk anak-anak respon imunnya tubuhnya belum begitu sempurna sehingga gejala sering tidak terlihat," papar dr. Rinaldi.

Adapun gejala yang mungkin dapat timbul yaitu, demam, sakit perut, muntah, sering merasa lelah atau letih, warna BAK yang cenderung seperti teh, selain itu kulit dan mata yang terlihat menguning. Mengingat penyakut Hepatitis A npada anak sering kali tidak bergejala, dr. Rinaldi pun menyarankan agar orangtua lebih waspada, untuk memastikannya bisa melakukan pemeriksaan IgM anti HAV lewat darah.

Selain itu tentu saja melakukan beberapa pencegahan, dengan menjega kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitas, khususnya dengan meningkatkan sanitasi lingkungan. "Jangan lupa cuci tangan dengan benar dan mengolah makanan dengan mejaga kebersihan. Jangan lupa juga melakukan pencegahan spesifik, berupa melakukan imuinisasi Hepatitis A."

Baca juga:

Kupas Tuntas Penyakit Hepatitis yang Dikenal Sebagai Silent Killer

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan