banner-detik
PARENTING & KIDS

4 Tipe Pengasuhan Anak untuk Ibu Bekerja

author

?author?07 Dec 2016

4 Tipe Pengasuhan Anak untuk Ibu Bekerja

Cari tahu, dari ke-4 tipe pengasuhan di bawah ini, mana yang paling cocok untuk seorang ibu bekerja.

Bagi mommies yang bekerja, selama ini pernah kepikiran nggak, tipe pengasuhan untuk si kecil seperti apa yang paling cocok untuk si kecil? Kalau saya, masih nyaman menitipkan anak di orangtua. Namun karena sudah hampir 2 tahun ini orangtua saya sedang tidak di Indonesia, jadi yang paling mungkin adalah mempekerjakan pengasuh untuk Jordy. Tentu, masih dalam pengawasan anggota keluarga yang lain dan support system di sekitar saya.

4 Tipe Pengasuhan Anak untuk Ibu Bekerja - Mommies DailySebagai bahan referensi mommies menentukan si kecil akan diasuh siapa selama Anda bekerja, ada 4 tipe pengasuhan yang bisa mommies pertimbangkan. Siapa tahu, juga berguna bagi mommies yang sebentar lagi cuti bersalinnya akan selesai.

  • Menggunakan jasa keluarga
  • Jika ada anggota keluarga yang bersedia untuk menjaga bayi mommies, kenapa tidak mengambil langkah ini? Toh, mereka masih keluarga, misalnya orangtua kita, yang namanya cucu sih, pasti rasa sayangnya melebihi ke anak sendiri. Dengan catatan, sedari awal mommies berikan semacam SOP perawatan si bayi mungil ini. Karena kan, standar kita dengan orang lain beda-beda. Entah itu dititip kepada orangtua atau anggota keluarga lainnya, pastikan mommies dan pasangan memberikan apresiasi yang sepadan. Jangan lupa, sediakan semua kebutuhan si kecil, selama ia dirawat orangtua atau keluarga mommies.

  • Jasa Babby Sitter
  • Buat pilihan yang satu ini, biasanya sih biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Sejauh ini, kisaran gaji baby sitter dimulai dari 2, 5 juta. Belum lagi kalau yang bersangkutam sudah berpengalaman, bisa-bisa tembus sampai 3 juta *__*. Tapi menurut saya, kalau memang ada budget-nya dan kualitasnya setara dengan hasil yang ditunjukkan kepada tidak? Selain gaji bulanan, pertimbangan juga biaya administrasi yang dikeluarkan jika mengambil baby sitter dari yayasan. Sementara itu, perhitungan beberapa persyaratan berikut ini, sebelum mengambil baby sitter:

  • Apakah calon baby sitter mommies terigitrasi dalam sebuah yayasan yang sudah terpecaya, dan mempunya track record yang baik?
  • Apakah ilmu dia tentang mengurus anak selalu diperbaharui?
  • Sebagian baby sitter hanya mau mengurus anak yang berusia 6 bulan, pastikan syarat-syarat khusus yang diajukan seperti ini juga mommies ketahui.
  • Kalau mommies datang ke yayasan, tanyakan juga bagaimana cara dia menyuapi, mengajak main untuk mentimulasi kepintaran dari berbagai aspek dan hal lainnya yang perlu diketahui. Lakukan wawancara sedetail mungkin.
  • Cari 3 referensi dari yayasan yang pernah menampung dirinya.
  • Jasa ART yang dimaksimalkan menjadi baby sitter
  • Sekarang saya pakai cara yang ini, tujuannya untuk menekan biaya, tanpa melupakan kualitas ART yang saya pekerjakan. Intinya , jangan terlalu banyak memberikan pekerjaan rumah, supaya fokus saja menjaga si kecil. Sisa pekerjaan rumah lainnya, saya berikan kepada ART yang pulang pergi, yang gajinya tidak setinggi kalau dia menginap. Lalu satu lagi, jangan lupa berikan SOP tentang pengasuhan anak dan jadwal harian si kecil, setelah itu print dan tempel di tempat strategis.

  • Daycare
  • Daycare bisa menjadi alternatif menitipkan anak ketika  mommies bekerja, usahakan cari yang dekat-dekat kantor dan punya kredibilitas yang terpercaya ya, mommies. Dari pengalaman ibu-ibu lain, mereka menyatakan, kelebihaan day care anak juga seperti sekolah. Banyak kegiatan yang akan mereka ikuti. Selain itu, secara tidak langsung si kecil akan belajar bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Biaya yang dikeluarkan per bulan, berkisar 1,9 juta – 4 juta, tergantung usia dan fasilitas di daycare yang mommies tuju.

    Dari ke-4 tipe di atas, mana yang mommies pilih atau sudah jalankan?

    Share Article

    author

    -

    Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan