banner-detik
LITTLE GEARS

10 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Car Seat

author

?author?22 Oct 2021

10 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Car Seat

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengungkapkan, 3 dari 4 anak tidak nyaman berada di car seat mereka dan berisiko meningkatkan risiko kecelakaan.

Kalau di negara semaju Amerika Serikat yang aturan tentang pemakaian baby car seat atau kursi mobil khusus bayi sudah segitu ketatnya saja masih ada kesalahan dalam pemakaiannya, kebayang nggak bagaimana dengan di Indonesia? Masih banyak yang belum paham benar dengan penggunaan car seat untuk anak. Padahal, sudah menjadi kewajiban orang tua untuk melindungi anak.

BACA JUGA: 8 Barang yang Wajib Dimiliki Saat Bepergian Jauh dengan Si Kecil

Dilansir dari situs Parent.com, ada 10 kesalahan yang kerap dilakukan orangtua ketika menggunakan car seat untuk Si Kecil:

1. Menggunakan ukuran kursi yang salah pada usia yang salah.

2. Menghadapkan kursi mobil ke depan terlalu cepat.

3. Peralihan dari booster seat (semacam kursi mobil untuk anak yang sudah lebih besar), ke kursi penumpang biasa yang menggunakan seat belt.

4. Peralihan dari booster set ke tempat duduk dengan seat belt untuk orang dewasa terlalu cepat.

5. Tidak memosisikan kursi mobil di tempat yang mudah Anda awasi.

6. Menggunakan lower anchors (bagian pengait pada seat belt), dengan tidak benar.

10 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Car Seat - Mommies Daily7. Salah mengaplikasikan seat belt mobil, untuk kursi mobil. Disarankan hanya pilih satu metode.

8. Tidak menggunakan top tether atas untuk kursi menghadap ke depan. Top tether atas adalah bagian penting. Terlampir ilustrasi kursi mobil yang tidak dan menggunakan top tether.

10 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Car Seat - Mommies Daily

9. Tetap menggunakan lower anchors, padahal berat badan anak sudah melampaui batas.

10. Tidak mengenakan tali pengaman atau harness straps pada kursi mobil dengan benar, baik itu posisi anak atau cara memasangnya.

BACA JUGA: Dari Car Seat Menuju Booster Seat

Studi dari Universitas Ohio mengatakan, dari 3.600 model car seat, 42% di antaranya dinyatakan tidak aman. Jadi, diperlukan seleksi yang super ketat, kalau Mommies mau membeli kursi mobil ini, jangan asal murah. Keselamatan anak yang menjadi taruhannya.

Sebagai pelengkap, berikut ini situs yang bisa memberikan panduan kepada Mommies, A-Z seputar car seat.

Ingat ya, Mommies, keselamatan Si Kecil tetap di atas segalanya!

Share Article

author

-

Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan