banner-detik
DAD'S CORNER

15 Pesan Ayah untuk Anak Perempuan Mereka Sebelum Berpacaran

author

Mommies Daily01 Nov 2023

15 Pesan Ayah untuk Anak Perempuan Mereka Sebelum Berpacaran

Banyak pesan dari ayah yang ingin disampaikan untuk anak perempuan mereka. Mulai dari hal-hal sederhana sampai tentang persiapan berpacaran di masa depan.

Saat sebelum tidur, pasangan suami istri mungkin sering atau sesekali melakukan pillow talk. Topiknya bisa bervariasi, mulai dari ngobrol soal keseharian masing-masing hingga cerita lucu soal anak.

Misalnya, membayangkan nanti kalau Si Kecil nan lucu ini beranjak remaja dan punya pacar. Apalagi untuk anak perempuan, butuh banyak pesan dan nasihat yang harus orang tua khususnya ayahnya sampaikan kepadanya.

Well, maybe is true then, kalau anak perempuan akan selalu menjadi daddy’s little girl or princess, yang akan selalu dilindungi. Apalagi kalau urusannya sudah berhubungan dengan pria kedua. Status father is daughther first love sebentar lagi bisa bergeser ke my dad is my nightmare (mudah-mudahan sih enggak ya).

BACA JUGA: 12 Pesan Penting untuk Para Ayah yang Memiliki Anak Perempuan

15 Pesan Ayah untuk Anak Perempuan Sebelum Berpacaran

Jadi ini pesan untuk para Daddies yang memiliki anak perempuan, agar ia siap dalam memasuki tahap pacaran NANTI!

1. First impression is matter, but not the most matter

Kalau pada kencan pertama saja ia tidak berjuang untuk impress kamu, maka ia tidak akan impress kamu saat sudah berpacaran lama. Tapi jangan fall for it juga ya, first impression penting tapi bukan segalanya. But, if a boy doesn’t pay at your first date please reconsider him.

2. What make you happy now, doesn’t always make you happy later

Jangan hanya mau yang happy-happy saja dengan orang yang kamu sayangi. Apa yang kamu pikir benar dilakukan sekarang, belum tentu berakibat baik di kemudian harinya. Dan, juga masa awal pacaran yang selalu happy itu terkadang bisa jadi tidak akan berlangsung selamanya, jadi bersiaplah.

3. Pastikan kamu tahu semua risiko atas yang kamu perbuat

Dan, selalu harus bertanggung jawab atas segala hal yang kamu perbuat. Karena apa yang kamu lakukan nanti bersamanya, kamu sendirilah yang akan menerima risikonya. Baik itu hal yang benar atau salah. Yang bahagia kamu dan yang akan rusak adalah masa depanmu sendiri juga, bukan masa depan orangtua, kakak, atau adik.

4. Never judge a the boy based on his ride or gadget

Karena apa yang dia bawa sekarang merupakan modal dari orang tuanya, belum tentu saat ia berdiri sendiri keadaan akan sama. Ia bisa memiliki barang-barang tersebut lebih baik nantinya, atau bahkan lebih buruk. Jangan jadikan harta sebagai tolak ukur segalanya karena ia dapat berkurang dan hilang.

5. Kamu mungkin dapat mengubah seorang laki-laki menjadi berpenampilan menarik, tapi kamu tidak akan pernah mengubah seorang laki-laki menjadi lebih pintar

Jadi please carilah dari awal laki-laki yang pintar.

6. Curigalah terhadap segala sesuatu yang berlebihan atau sempurna karena bisa jadi itu fake

Karena memang selama pacarmu masih manusia, dia akan tetap melakukan kesalahan, ia dapat menyembunyikan sesuatu.

7. Always put yourself as the first priority

Because if something wrong happened with you or him, you not losing yourself. If you get down, the person that will raised you up or can help you go back up again, will be youself.

BACA JUGA: Catat, Ini 50 Film Anak Terbaik untuk Ditonton Bersama Si Kecil

8. Jadilah anak perempuan yang sangat tegar, kuat, dan berani karena Cinderella story only exist in Disney movie

Yup, karena tidak semuanya kisah cinta seperti cerita princess Disney atau happy ending di hampir semua film drama. Apabila ada hal yang tidak baik ia lakukan padamu, jangan jatuh sampai kamu lupa untuk bangkit lagi. Karena saat ia belum menjadi bagian penting dalam hidupmu ia sudah bisa menyakitimu. Dengan kamu berlarut dalam kesedihan kamu melewatkan banyak hal indah pada masa mudamu.

9. Kenali ibunya dengan baik, jika kamu dan ibunya tidak dapat membangun hubungan yang baik sebaiknya lupakan saja (berdasarkan ribuan testimonial para wanita di dunia, ya kan ya kan?)

10. Jangan takut ada masalah atau berantem

Karena dari situ kamu akan melihat karakter aslinya bagaimana ia dapat menyelesaikan dan menghadapi masalah. Ini akan menjadi panduanmu apakah ia layak untuk dipertahankan atau tidak.

11. Ajak ia bertemu dengan teman-temanmu, pergilah ke berbagai tempat yang berbeda setiap kencan

Karena kamu akan melihat sejauh mana ia dapat beradaptasi dengan lingkungan baru.

12. Other’s opinion matters

Terkadang pendapat orang-orang di sekitarmu mengenai pria yang kamu kencani benar. Your friends, relatives, well specially your mom (repeat your mom, never missed her opinion! For your own good). Jangan menutup telingamu hanya karena mereka mengatakan yang kamu tidak ingin dengar. Dengarkan, observasi dan saring.

13. Building a relationship is like an investment

If nothing good come from your investment you should find a new investment. Investasi tidak hanya materi namun pikiran, waktu, energi, dan hati itu adalah yang jauh lebih berharga.

14. Gunakan teknologi yang ada dengan bijak.

Papah suka pusing lihat gaya berpacaran anak muda jaman sekarang. Papah berharap kamu bisa lebih bijak.

15. Terakhir, dan sudah jelas harus dilakukan. Saat kamu mulai menyukai seorang laki-laki, dan sebelum kamu pergi kencan berdua, biarkan ia berinteraksi satu jam bersama papa.

Kalau ia sampai ke tahap selanjutnya yakni membawa kamu pergi, maka kamu sudah mendapat izin. Berdoalah mudah-mudahan ia tidak kabur sebelum 1 jam selesai.

BACA JUGA: 20 Realitas Hidup yang Penting Orang Tua Ajarkan ke Anak

Ditulis oleh: Steve JM

Cover: Photo by Pavel Danilyuk on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan