banner-detik
SELF

Terimakasih Nak, Karena Kalian Telah Mengajarkan Mama 7 Hal Ini…..

author

fiaindriokusumo13 Sep 2016

Terimakasih Nak, Karena Kalian Telah Mengajarkan Mama 7 Hal Ini…..

Sebagai orang tua kita adalah pendidik pertama untuk anak-anak kita. Namun sadarkah kita, kalau faktanya, anak-anak pun juga menjadi guru kehidupan bagi kita, para orang tua?

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa sebagai orang tua, saya beserta suami adalah pendidik nomor satu sekaligus pertama bagi kedua anak kami. saya bisa dengan bangga menyatakan bahwa saya memberikan banyak ilmu bagi kedua anak saya.

Namun ternyata, di balik usia mereka yang masih sangat muda, mereka telah mengajarkan banyak hal yang membuat saya merasa lebih ringan menjalani hari-hari saya. Mau tahu apa saja?

1. Bahwa rasa marah itu jangan dipendam terlalu lama dan dendam itu nggak perlu ada

Setiap kali kalian bertengkar dengan teman-teman di lingkungan rumah, nggak berapa lama kemudian kalian sudah berteman kembali dan bermain bersama. Setiap kali kalian merasa kesal dengan aturan dari mama dan mengatakan kalau kalian sebal mempunyai mama seperti ini, toch marah kalian terlihat cepat menghilang dan tidak ada lagi dendam.

2. Bahwa rasa sedih itu nggak akan selamanya ada di dalam hati kita

Mama suka kagum dengan perubahan hati kalian. Sebentar menangis, dan tidak lama kemudian kalian sudah bisa tertawa kencang tanpa menyisakan lagi air mata. Kalian menunjukkan bahwa setelah sedih dan air mata, akan selalu ada bahagia dan tawa. Jadi, mari kita jangan larut dalam kesedihan.

3. Belajar untuk berani mengambil risiko, Ma!

Pertama kali jatuh saat belajar sepeda roda dua, pertama kali terbentur ketika bermain sepatu roda, pertama kali kemasukan air saat berenang tanpa alat bantu. Setiap kali mama deg-degan, kalian akan dengan lantang menjawab “Kalau nggak nyoba, kapan aku bisanya, Ma?” Lagi-lagi kalian benar. Kalau nggak berani mengambil risiko, kalau nggak berani mencoba, kapan berhasilnya?

pelajaran hidup dari anak untuk orang tua

4. Berhenti terlalu fokus pada hal-hal besar untuk mencari rasa bahagia

Dikasih izin sekali untuk beli tahu bulat, bisa main hujan-hujanan, boleh makan es krim di akhir pekan atau makan mi instant sebulan sekali adalah beberapa hal yang membuat kedua anak saya berulang kali mengatakan terimakasih ke saya. Bagi mereka, itu membuat mereka merasa bahagia dan menjadikan saya mama yang paling baik di dunia. Dari hal sederhana pun, ada bahagia yang mereka rasakan.

5. Jangan lupa untuk tertawa setiap hari

Jangan lupa untuk tertawa, Ma! Karena tertawa membuat wajah mama menjadi lebih cantik dan menyenangkan untuk dilihat. Nggak perlu stand up comedy untuk tertawa. Banyak hal-hal ‘sepele’ di sekitar kita yang bisa membuat kita tertawa. Seperti anak-anak saya yang tertawa saat melihat kucing melompat kaget, melihat cicak terjatuh di bahu kakaknya atau cabe menempel di gigi saya *__*.

6. Kenakan pakaian apapun yang Mama inginkan dan membuat mama nyaman, karena mama tetap terlihat keren

Anak pertama saya selalu pede dengan pakaian apapun yang ia kenakan. Tidak peduli itu mau matching warnanya atau tidak. Mau itu harganya murah atau mahal. Bagi dia, selama itu nyaman, maka dia akan pede dan merasa keren.

7. Bahwa pertolongan pertama untuk bad day adalah sebuah pelukan

Sebuah pelukan bisa menjadi obat mujarab nan murah untuk mood yang sedang berantakan. Saya menyadari ini ketika setiap kali saya dilanda bad mood kemudian anak-anak berebutan untuk memeluk saya, entah mengapa, ada sedikit rasa tenang yang saya alami.

pelajaran hidup dari anak untuk orang tua

Saya yakin, masih banyak pelajaran berharga yang akan saya dapat dari anak-anak saya nanti-nantinya. Dan saya percaya bahwa anak-anak mommies juga pasti memberikan pelajaran berharga yang mungkin saja berbeda dengan apa yang saya rasakan :).

Baca juga:

Yang Perlu Diajarkan Ibu Kepada Anak Laki-lakinya

6 Hal yang Harus Diajarkan Ayah Kepada Anak Laki-lakinya

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan