Ervina Sumitro, “Gabung di Forum Female Daily Network, Banyak Manfaatnya”

Minta beberapa kiat untuk para pembaca Mommies Daily, dong, yang ingin membuka usaha, langkah apa saja yang perlu diperhatikan dan bagaimana cara mempertahankan bisnis?

Build a buisiness from what you love. Satu-satunya yang membuat kita bertahan di dunia bisnis adalah ketika kita mengerjakan apa yang kita cintai. You never gonna get bored. Saya sering kali mau menyerah, kadang suka mikir, duh ngapain sih gue capek-capek gini, mendingan di rumah aja, nggak capek, nggak stres. But because I love it, seperti apapun keadaannya saya tidak mau berhenti, I just can’t. Saya selalu bilang ke suami dan teman, “Selama napas saya masih di badan, saya tidak akan menyerah, saya tidak akan pernah berhenti membuat sepatu”.

Jadi kalau ngomongin soal kiat-kiatnya,mungkin bisa dimulai dari start now, kalau mau bisnis jangan di tunda-tunda, jangan terlalu banyak yang dipikiran, just go. Lalu  komitmen, nah ini nih yang susah, soalnya kudu siap-siap menjauh dari pergaulan, kudu siap-siap nggak bisa eksis dan kekinian hahahaha. Lalu, believe in your self. Jangan pernah merasa kecil dengan ide bisnis yang  Anda punya, sekecil apapun itu you are an entrepreneur, you are a creator.

Ngomong-ngomong, Vina sendiri tipe Ibu yang seperti apa, sih?

Emmh seperti apa yah? Bingung, hehehe. Mungkin tipe ibu demokratis dengan darah Asia yang kental. Maksudnya, saya memberi kebebasan anak-anak untuk memilih apapun yang mereka suka. Tapi tiap pilihan ada tanggung jawab dan konsekuensi yang harus mereka jalankan.

ervina1

Ketika anak-anak sudah besar nanti, inginnya diingat atau dilihat sebagai ibu yang seperti apa?

Saya ingin anak- anak saya mengingat saya sebagai sahabat terbaik yang pernah mereka miliki.

Dalam dunia parenting, hal apa, sih, yang membuat Vina khawatirkan? Misalnya bullying pada anak, atau justru sesuatu yang berkaitan dengan seks?

Bullying iya pasti, dan tentu pornografi….aduh saya speechless kalau ngomongin ini. Saya amat sangat khawatir masa depan seperti apa yang akan di jalani anak-anak saya. Tapi saya juga sadar, saya tidak akan bisa 24 jam bersama mereka, saya harap saya menabur benih yang tepat sehingga saya pun bisa menuai dengan baik nanti.

Menurut Vina, orangtua sukses seperti apa, adakah barometernya?

Barometernya satu… ketika Anda, suami, dan anak-anak Anda bahagia, menjadi pribadi yang kuat, berarti Anda sukses menjadi orangtua.

Buat saya pribadi, obrolan bersama Vina memberikan banyak insight menarik. Mudah-mudahan Mommies yang lain juga sependapat, ya. Jadi, siapa yang belum gabung jadi member FDN? Yuk, daftar…


Post Comment