banner-detik
YUMMY MOMMIES

Ervina Sumitro, "Gabung di Forum Female Daily Network, Banyak Manfaatnya"

author

adiesty29 Feb 2016

Ervina Sumitro, "Gabung di Forum Female Daily Network, Banyak Manfaatnya"

Vina Sumitro adalah salah satu member aktif Female Daily Network. Ia mengaku banyak sekali manfaat yang didapatkan, termasuk menambah networking untuk bisnis sepatu yang ia rintis, Arasu by Vin,

"Banyak banget manfaat yang saya dapat kerena aktif di forum FDN. Pertama, akses informasi yang nggak bisa didapat kalau cuma googling saja. Kedua, tentu saja bisa memperluas pergaulan, pertemanan dan network. Dari ngobrol – ngobrol di thread bisa sampai temenan bahkan sahabatan sampai sekarang. I found my soulmate buddies here."

Begitulah jawaban Vina Sumitro ketika saya bertanya mengenai manfaat dirinya bergabung menjadi member forum Female Daily Network. Ya, perempuan yang kerap disapa Vina ini memang salah satu member FDN yang aktif di forum sejak tahun 2010. Jadi, nggak heran, kalau Vina cukup tahu perkembangan forum dan punya hubungan yang dekat warga FDN.

Saya sendiri sudah cukup lama mengenal sosok perempuan pecinta sepatu ini, sejak saya bekerja di Mommies Daily. Tiap kali FDN mengadakan acara, ia hampir selalu datang. Yang terakhir, ibu dari Kyra dan Nezka sempat bergabung di acara Mommies Daily bersama Sociolla bersama sang suami beberapa waktu lalu.

Sebagai mompreneur Vina mengaku mendapatkan banyak manfaat dengan aktif di forum, salah satunya berkaitan dengan memperluas networking. Dalam wawancara ini, Vina pun membagi kiat bagaimana cara memulai sebuah bisnis, termasuk cerita mengenai parenting. Mau tahu ceritanya seperti apa? Berikut kutipan obrolan saya dengan perempuan ramah ini.

Sejak kapan, sih, Vina gabung di Forum FDN?

Sudah cukup lama, ya, kalau nggak salah sejak Februari 2010, deh. Pertama kali dengar cerita dari Nopai, akhirnya ikut gabung.

Biasanya, nih, sering main di thread mana saja?

Shoes, shoes...shoes... hahahahaha..... Nggak cuma thread shoes aja, sih, soalnya sering main di travelling, bags, skincare talk, sama the little gear. Nah hampir semua sub forum di little gear ini di baca, hahahaha. Terutama di sub forum online baby shops, hahahaha, duh, ini racun luar biasa.

ervina

Menurut Vina sendiri, apa saja manfaat yang bisa diambil ketika bergabung dan aktif di forum FDN?

Banyak banget manfaat yang saya dapat karena aktif di forum FDN. Pertama, pasti akses informasi yang nggak bisa didapat kalau cuma googling saja. Kedua, tentu saja bisa memperluas pergaulan, pertemanan dan network. Dari ngobrol – ngobrol di thread bisa sampai temenan bahkan sahabatan sampai sekarang.

Oh, ya, biasanya kan kalau di forum ini jadi tambah teman, ya. Ada nggak anggota member forum yang akhirnya benar-benar akrab in real life?

BANYAK!!! I found my soulmate buddies here, hahahahha. Dalam artian, nggak cuma akrab tapi juga sudah kayak saudara sendiri. Iiiiiih jadi merinding ngomongnya, terharu banget saya. Thank you so much FDN.

Mengingat Vina member yang sangat dekat dengan forum FDN, ke depannya Vina berharap forum berkembang seperti apa?

Iya, dong, pengennya banyak, kayaknya saya terlalu posesif nih sama FDN, hahahaha. Tapi memang perlu banget, kalau bisa tiap 2-3 bulan sekali ada member gathering gitu. Eh kalo bikin arisan lucu kali yah, bukan pake uang, tapi pake skincare, make up atau tas... lucu deh pasti, hehehehe. Seru. Sebenarnya ingin juga FDN punya aplikasi kayak gojek gitu, jadi kan gampang banget kalo mau baca artikel, mau baca forum, atau mau belanja di market plaza.

Oh, ya, sama garage sale!!! Duuuh... itu fenomena banget yah garage sale-nya FD, tapi, kok nggak diadain lagi sih?  Kayaknya segitu dulu deh, kalau diturutin bisa satu page isinya wish list semua, hahahaha. Tapi, nggak apa-apa, dong, ya? Tandanya saya cinta banget sama FD.

Selain di forum, suka baca artikel Mommies Daily nggak, sih, Vin? Kalau iya, paling suka dan dirasa bermanfaat artikel apa saja?

Suka, dong. Paling sering, sih, baca artikel parenting. Sama artikel- artikel tentang informasi sekolah, kursus atau tempat bermain.

Di laman selanjutnya, Vina bercerita mengenai Arasu by Vin, label sepatu untuk wanita yang ia rintis.

Sekarang mau membahas ke bisnis yang Vina jalankan, ya.... Ceritain, dong, mengenai bisnis sepatunya, sejak kapan dijalankan?

Hehehehe.... sebenarnya terjun di bisnis sepatu sudah dari tahun 2012. Tahun 2014 saya me-release label sepatu untuk anak-anak. Namun pada tahun 2015 saya vakum karena hamil dan melahirkan. Dan tahun ini saya mulai fokus di bisnis sepatu lagi. Belum lama ini saya me-release Arasu by Vin, label sepatu untuk wanita.

Dari sekian banyaknya lahan bisnis yang ada, kenapa memilih bisnis sepatu?

It’s kindda my addiction and obsession of shoes that becoming a passion :D

ervina2

Boleh tahu, nggak untuk melakukan bisnis ini, berapa investasi yang dibutuhkan?

Aaaah rahasia aah kalau itu.... Tapi, kalau mau dikira-kira, seperti puasa jajan sepatu selama 2 tahunlah, hahahaha.

Pertama kali menjalani, kesulitan terbesarnya apa saja, sih? Dan bagaimana cara menghadapinya?

Kesulitan terbesar sepertinya di human resources, deh. Skill dan keterampilan pekerja yang kadang di bawah rata-rata. Biasanya kalau begini saya harus terjun langsung dari mulai design, memilih bahan, sampai membuat pola. Perlu pengawasan yang ektra untuk menghasilkan sepatu dengan kualitas terbaik. Dan biasanya melalui beberapa tahapan uji sample.

Untuk mengembangkan bisnis, tentu perlu strategi... bagaimana dengan Vina sendiri?

Tidak ada yang spesifik. Tapi saya berusaha menerapkan personal approach kepada para pelanggan saya. Tiap kaki diciptakan unik oleh Tuhan, tidak ada satu pun yang persis sama. Jadi kenapa harus membuat sepatu dengan pola yang sama untuk semua wanita. Saya berusaha membuat sepatu-sepatu saya memiliki ikatan personal dengan pemakainya. Its not only just shoes, its something that carry your body for all day. Something that can transform the way you move, the way you walk dan your body language.

Apakah latar belakang Vina juga mendukung bisnis ini? Atau justru tidak ada hubungan sama sekali?

Tidak sama sekali, hahahaha. Saya lulusan asisten apoteker dan public relation. Nggak nyambung, ya.

Sebagai mompreneur, kesulitan terbesar apa yang Vina rasakan? Apalagi mengingat anak-anak kan masih cukup kecil, ya...

Time management. Kadang saya harus meninggalkan mereka seharian , kadang Sabtu dan Minggu mereka terpaksa ikut saya bekerja. Sering banget merasa bersalah karena tidak bisa adil dalam membagi waktu. Apalagi anak saya yang pertama sudah SD, kadang baru sampai rumah saya sudah langsung menemani Kyra, anak pertama saya untuk mengerjakan PR atau menemaninya belajar untuk alternative assesment keesokan hari nya. Kalau sudah begini Nezka, anak kedua saya pasti lebih banyak bersama dengan mama saya dan mbaknya. Aaah, seandainya saya bisa membelah tubuh ini.......

Bagaimana dengan dukungan suami, ceritain dong, Vin...

Oooh... he is the best man on earth, hahahaha maaf kalau terlihat lebay. Suami saya itu sudah seperti sahabat sekaligus partner bisnis. Orang yang selalu menyediakan waktunya untuk menemani saya kemana saja, mendengarkan curhat saya kapan saja... sekaligus tempat menuangkan stres saya hahahaha alias kena getahnya kalo lagi emosi sama karyawan. Dia mendukung saya 1000%, tulus bertukar tempat dengan saya menjaga anak-anak apabila saya harus meninggalkan mereka. Dia motivator sekaligus generator saya. Karena saya usaha sendiri, jadi suami saya adalah satu-satunya orang tempat saya bertukar pikiran, meminta nasihat dan masukan.

Sebagai ibu bekerja dengan memiliki bisnis, menurut Vina ada dampak positif yang bisa diajarkan ke anak-anak nggak?

Anak – anak itu unik dan luar biasa, yah. Mereka belajar dengan cepat dari apa yang mereka lihat dan dengar. Kyra sudah berpikir untuk memiliki beberapa usaha, dia mau punya toko kue, punya toko sepatu dan penulis buku, kayaknya dia tahu banget cara berbisnis, hahaha. Mungkin ini salah satu dampak yang sudah bisa saya lihat, karena saya dan suami berbisnis secara tidak langsung pola pikir mereka sudah terarah.

Buat Mommies yang sedang berencana membuka bisnis, di laman selanjutnya Vina memberikan beberapa kiat yang perlu diperhatikan.

Minta beberapa kiat untuk para pembaca Mommies Daily, dong, yang ingin membuka usaha, langkah apa saja yang perlu diperhatikan dan bagaimana cara mempertahankan bisnis?

Build a buisiness from what you love. Satu-satunya yang membuat kita bertahan di dunia bisnis adalah ketika kita mengerjakan apa yang kita cintai. You never gonna get bored. Saya sering kali mau menyerah, kadang suka mikir, duh ngapain sih gue capek-capek gini, mendingan di rumah aja, nggak capek, nggak stres. But because I love it, seperti apapun keadaannya saya tidak mau berhenti, I just can’t. Saya selalu bilang ke suami dan teman, “Selama napas saya masih di badan, saya tidak akan menyerah, saya tidak akan pernah berhenti membuat sepatu”.

Jadi kalau ngomongin soal kiat-kiatnya,mungkin bisa dimulai dari start now, kalau mau bisnis jangan di tunda-tunda, jangan terlalu banyak yang dipikiran, just go. Lalu  komitmen, nah ini nih yang susah, soalnya kudu siap-siap menjauh dari pergaulan, kudu siap-siap nggak bisa eksis dan kekinian hahahaha. Lalu, believe in your self. Jangan pernah merasa kecil dengan ide bisnis yang  Anda punya, sekecil apapun itu you are an entrepreneur, you are a creator.

Ngomong-ngomong, Vina sendiri tipe Ibu yang seperti apa, sih?

Emmh seperti apa yah? Bingung, hehehe. Mungkin tipe ibu demokratis dengan darah Asia yang kental. Maksudnya, saya memberi kebebasan anak-anak untuk memilih apapun yang mereka suka. Tapi tiap pilihan ada tanggung jawab dan konsekuensi yang harus mereka jalankan.

ervina1

Ketika anak-anak sudah besar nanti, inginnya diingat atau dilihat sebagai ibu yang seperti apa?

Saya ingin anak- anak saya mengingat saya sebagai sahabat terbaik yang pernah mereka miliki.

Dalam dunia parenting, hal apa, sih, yang membuat Vina khawatirkan? Misalnya bullying pada anak, atau justru sesuatu yang berkaitan dengan seks?

Bullying iya pasti, dan tentu pornografi....aduh saya speechless kalau ngomongin ini. Saya amat sangat khawatir masa depan seperti apa yang akan di jalani anak-anak saya. Tapi saya juga sadar, saya tidak akan bisa 24 jam bersama mereka, saya harap saya menabur benih yang tepat sehingga saya pun bisa menuai dengan baik nanti.

Menurut Vina, orangtua sukses seperti apa, adakah barometernya?

Barometernya satu... ketika Anda, suami, dan anak-anak Anda bahagia, menjadi pribadi yang kuat, berarti Anda sukses menjadi orangtua.

Buat saya pribadi, obrolan bersama Vina memberikan banyak insight menarik. Mudah-mudahan Mommies yang lain juga sependapat, ya. Jadi, siapa yang belum gabung jadi member FDN? Yuk, daftar...

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan