5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

  1. Manfaatkan dinding taman dengan gaya vertikal

5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

Gambar dari www.greenupgrader.com

Dengan ukuran taman yang terbatas, tentu saja tempat untuk meletakkan tanaman pun terbatas, terutama apabila Anda seorang kolektor tanaman. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan mudah dengan cara menciptakan sendiri taman vertikal di dinding taman Anda.

Selain untuk menghias taman dinding, taman vertikal juga dapat mengurangi tugas Anda dalam membersihkan taman dan memberikan cara pertumbuhan yang lebih sehat pada tanaman.

Bingkai taman vertikal ini mudah untuk dibuat, dengan tampilan unik dan cantik

5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

Gambar dari www.thegradenglove.com

Untuk membuat bingkai seperti gambar di atas, Anda hanya memerlukan bingkai kayu atau kotak kayu,chicken wire (kawat ayam) dan beberapa tumbuhan kecil yang Anda suka. Inilah langkah – langkah yang mudah untuk membuat taman vertikal:

  1. Ukur kawat ayam sehingga sesuai dengan ukuran kotak kayu.
  2. Pasang kawat ayam di atas kotak kayu dan rekatkan menggunakan staples.
  3. Isi kotak kayu dengan tanah, namun jangan menutupi kawat ayam yang telah dipasang.
  4. Gunakan ujung sendok kayu untuk membantu Anda dalam proses memasukkan tanaman ke dalam kotak kayu.
  5. Buatlah lubang kecil menggunakan sendok kayu untuk meletakkan tanaman kecil melalui lubang – lubang pada kawat, kemudian tutup lubang dan padatkan tanah sekitar tanaman tersebut.
  6. Tanamlah tanaman yang Anda miliki sesuai dengan keinginan.
  7. Setelah selesai menanam semua tanaman, siram tanaman tersebut dengan baik dan merata. Kemudian diamkan selama 2 minggu dalam keadaan horizontal pada lantai sebelum Anda letakkan di dinding. Hal ini bertujuan agar akar pada tanaman dapat tumbuh dengan baik terlebih dahulu.
  8. Setelah 2 minggu, Anda bisa meletakkan kotak kayu Anda pada dinding taman dengan menggunakan paku yang besar untuk menahan kotak kayu tersebut.
  1. Area duduk outdoor

5 Kiat Mendesain Taman Berukuran Kecil

Gambar dari www.lowes.com

Inspirasi lain untuk merubah taman kecil Anda adalah dengan cara mengubah taman menjadi tempat duduk atau ruang makan outdoor untuk bersantai bersama keluarga dan teman.

Apabila Anda tertarik untuk membuat area santai ini, ada 3 tips yang dapat dilakukan untuk menambah suasana nyaman pada area duduk di taman.

  • Tambahkan pagar yang cukup tinggi pada sekitar taman untuk memberikan privasi saat Anda bersantai.
  • Untuk memberi kesan luas pada taman Anda adalah dengan menggunakan warna yang terang seperti putih pada lantai atau cat dinding taman. Gunakan juga furnitur dengan desain yang minimalis.
  • tambahkan bangku kecil ataubench untuk menciptakan area sosial pada taman Anda.

Taman berukuran kecil tidak menjadi penghalang Anda untuk menciptakan taman yang indah. Hal ini dikarenakan banyak inspirasi dan tips yang sangat mudah untuk mengubah taman Anda yang berukuran kecil menjadi taman yang menarik.

Selamat mencobanya di rumah Mommies :)

*Artikel ini hasil kerjasama dengan balkonie.com