Room: Film Nominasi Oscar 2016 yang Wajib Ditonton oleh Semua Mommies

Saya, mungkin seperti para ibu kebanyakan, punya soft spot untuk cerita yang bertema ‘perjuangan’ orang tua melindungi anak-anaknya. Nggak terkecuali kisah Jack dan Ma di film Room ini. Premise ceritanya sendiri memang sangat menarik. Kita diajak mengintip kehidupan dua orang yang terisolasi dari dunia luar selama bertahun-tahun. Walaupun temanya bisa dibilang dark, kita masih bisa menangkap momen-momen hangat dan manis antara ibu dan anak ini.

Selain itu film ini juga mengingatkan kita bahwa walaupun peran kita yang utama adalah sebagai ibu yang bertugas merawat dan melindungi anak, kita sendiri masih merupakan individu yang punya berbagai issue sendiri. Kita juga masih sering merasa takut, insecure, sedih bahkan terkadang depresi, apalagi kalau dihadapkan dengan situasi yang sangat sulit. Bagaimana kita melewati tantangan tersebut sambil terus memastikan anak kita tetap tumbuh normal sekaligus menciptakan kedekatan ibu-anak yang ideal?

room-mommiesdaily2

gambar dari indiewire.com

Perjuangan Ma itu yang membuat saya berdecak kagum sambil membayangkan apa yang saya lakukan kalau saya yang ada di posisinya. Nggak cuma itu, fim ini mempunyai momen heroik yang bikin saya ingin tepuk tangan sekencang-kencangnya sekaligus menangis tersedu-sedu.  And believe me, I did cry my eyes out during this movie, padahal filmnya sendiri nggak dibuat cengeng dan melankolis, loh (emang saya aja yang cengeng hahaha). Akting Brie Larson dan Jacob Tremblay menurut saya patut banget dapet penghargaan (Brie Larson dinominasikan sebagai Best Actress) karena mereka sukses menampilkan hubungan ibu dan anak yang luar biasa. Ibu dan anak yang saling membutuhkan dan saling membantu dalam menghadapi berbagai situasi yang mengerikan – situasi yang mungkin hanya ada di mimpi terburuk kita sebagai orang tua. But in the end, even in the most difficult times, hope is always there when you have love that is stronger than anything in the world.

room-mommiesdaily3

gambar dari roomthebook.com

Saking terkesannya dengan film ini saya langsung membeli bukunya dan ternyata, walaupun di buku ceritanya memang lebih panjang dan puitis, sutradara Lenny Abrahamson cukup sukses menuangkannya ke dalam gambar-gambar yang juga bisa memainkan emosi kita, nggak heran ia pun mendapatkan nominasi Best Director di ajang Academy Awards 2016.

Saya nggak yakin, sih, film Room bisa menang Best Picture. Not because I don’t think it deserves it, on the contrary, if it were up to me, I would vote for it. Tapi karena film-film lainnya di kategori ini juga banyak yang sangat kuat dan berpotensi membawa pulang piala Oscar, seperti The Revenant atau Spotlight. Terlepas dari menang atau tidak, saya sangat merekomendasikan film ini ke mommies. Sambil nunggu filmnya main di bioskop kita, baca dulu yuk bukunya!


2 Comments - Write a Comment

  1. Aku nonton film ini agak jauh sebelum berita dia masuk nominasi oscar. Iya beneran ini wajib nonton, film bagus dgn sudut pandang lain drpd film2 ‘penculikan’ lainnya.

    Tadinya menebak, ini akan mengulas bgmn strugglenya seorang anak yg tdk pernah melihat dunia, adaptasinya dsb. Tdk disangka, tyt problem yg muncul bukan hanya di anak, tapi justru si ibu yang ‘lebih parah’.

    Huuuh…keren filmnya, aku jg suka bgt sm Jack & Ma ini

Post Comment