Now Reading
Mengenal Desain Interior Bergaya Shabby Chic

Mengenal Desain Interior Bergaya Shabby Chic

Sedangkan untuk furnitur, biasanya desain ini menggunakan furnitur yang terbuat dari kayu yang dicat secara tidak merata agar menimbulkan kesan yang usang seperti termakan oleh waktu puluhan tahun. Tidak jarang juga, furnitur dapat dibuat rusak dengan goresan-goresan. Kehadiran furnitur antik seperti credenza, vas bunga, frame kaca, kain atau benda seni lainnya dapat membuat ruangan Anda terlihat lebih indah.

Mengenal Desain Interior Bergaya Shabby Chic Gambar dari www.houzz.com

Selain kayu, bahan fabric (kain) juga menjadi elemen yang utama dalam desain interior bergaya Shabby Chic. Biasanya, kain yang digunakan dalam desain ini memiliki motif dan warna pastel dan umumnya bermotif bunga-bunga. Anda dapat menerapkan bahan kain dalam tempat tidur, meja makan, dijadikan sebagai padded wall hingga upholstery kursi. Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa desain bergaya Shabby Chic cenderung bermain pada ruang monokrom yang aman.

Mengenal Desain Interior Bergaya Shabby Chic Gambar dari www.dwellcandy.com

Desain ini lebih mengutamakan tampilan yang mampu menghadirkan suasana pada zaman sekitar abad 19. Jika pada umumnya perabot tua dan antik di Indonesia lebih sering menggunakan warna coklat atau warna lain yang menimbulkan kesan gelap, maka desain Shabby Chic adalah kebalikannya.

Desain interior bergaya Shabby Chic yang unik dan lembut ini bisa Anda hadirkan ke dalam interior rumah. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menciptakan gaya ini:

  1. Carilah furnitur atau perabotan di pasar loak/toko barang antik. Anda dapat memilih perabot yang masih dapat dipergunakan. Meskipun terdapat cacat pada lapisan cat, tidak apa, karena hal itu akan menimbulkan kesan alami yang sesuai dengan gaya interior Shabby Chic.
  2. Pilihlah bahan-bahan dengan renda dan sedikit elemen besi tempa untuk memberikan nuansa gaya Victorian.
  3. Tambahkan lemari vintage berdimensi besar, karpet berwarna cerah, cermin antik, karya seni lainnya, meja kayu atau koleksi porselen bermotif floral. Ini akan menambah kesan yang indah dalam ruangan Anda.
  4. Anda juga bisa membuat tampilan lusuh pada furnitur baru dengan mengecat beberapa lapisan warna, yang kemudian bisa Anda berikan motif menggunakan ampelas atau spons di sebelum lapisan cat terakhir.

Bagaimana Mommies? Kalau untuk saya gaya interior ini memberikan kesan menenangkan di dalam rumah – mungkin karena pilihan warna-warna yang lembut. Siapa yang tertarik mencoba? Atau malah rumah Mommies sudah mengadaptasi gaya ini? :)

*Artikel ini hasil kerjasama dengan balkonie.com

 

Pages: 1 2
View Comments (2)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top